Kediri – Gerakan Indonesia Sadar Adminduk atau disingkat #GISA terus didengungkan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan (Adminduk).
Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan empat hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan Adminduk yang membahagiakan rakyat.
Itu sebabnya Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kediri menggelar sosialisasi 'Dukcapil Kota Kediri Go Digital 2019' dihadiri Wakil Wali Kota, Lilik Muhibah, dinas terkait, kepala kelurahan dan perwakilan Ketua RT/RW se-Kota Kediri, Rabu (25/9/2019).
Menurut Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Pemkot Kediri, Noviana Rachmawati, tujuan dan sasaran kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah pusat #GISA dan warga Kota Kediri untuk tertib Adminduk.
“Juga agar lebih mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat untuk pengurusan dokumen kependudukan. Dari kepengurusan secara manual menjadi sistem online. Dengan menggunakan aplikasi Sakti yang bisa diakses melalui website milik Disdukcapil Kota Kediri," kata Noviana menerangkan.
Dengan sosialisasi ini, selain pelayanan Adminduk, terdapat prioritas sejumlah pelayanan. Di antaranya, menuntaskan program perekaman dan pencetakan KTP-Elektronik (KTP-el), akta kelahiran, meningkatkan kualitas pelayanan, mengoptimalkan data kependudukan, penerbitan dan pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA), menjalankan sistem Adminduk dan menyukseskan program Dukcapil Go Digital.
Dibanding tahun lalu, saat ini hampir 100 persen warga Kota Kediri dilayani perekaman data pribadi dan juga sudah memiliki KTP-el.
Selain itu, sambung Novi, pihaknya juga gencar mendatangi setiap kelurahan melakukan program penerbitan akte kelahiran. "Kemarin kita melakukan pengurusan dokumen akta kelahiran massal di kelurahan mulai akhir 2018 sampai dengan awal tahun ini di seluruh kelurahan," jelasnya. Dukcapil***
Komentar
Komentar di nonaktifkan.