Muaro Jambi - Pj. Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah me-launching 8 inovasi pelayanan Dukcapil. Kegiatan ini digelar di Hotel Sang Ratu, Muaro Jambi, Jumat (3/5/2024).
"Delapan inovasi pelayanan administrasi kependudukan ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat," kata Bachyuni.
Sebelumnya Pj Bupati Bachyuni melakukan soft launching Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kelurahan Sengeti. Menurutnya MPP ini merupakan langkah awal menyatukan berbagai OPD dan instansi vertikal di bawah satu wadah yang dikoordinasikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP). "Dinas Dukcapil juga termasuk OPD yang membuka pelayanan adminduk di MPP tersebut," tutur Bachyuni Deliansyah.
Pj. Bupati Bachyuni juga menyampaikan pentingnya perbaikan layanan publik di wilayah tersebut, terutama mengingat luasnya geografis di negeri 'Sailun Salimbai' ini.
Bachyuni menekankan perlunya inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Antara lain, mendekatkan akses pelayanan publik ke masyarakat mengingat jarak tempuh yang cukup jauh antar desa, kecamatan, dan ibukota kabupaten.
Pj. Bupati Bachyuni menjelaskan, pihaknya juga berupaya meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan dengan mengintegrasikan pelayanan di tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan. Hal ini dilakukan dengan memperkenalkan sejumlah inovasi, termasuk pelayanan di MPP, kecamatan, desa, serta layanan mandiri melalui HP dari rumah.
"Dengan adanya MPP, kami berharap dapat meningkatkan kualitas layanan dan memberikan kemudahan akses adminduk kepada masyarakat. Semangat ini adalah fokus utama program kerja kami," tambah Bachyuni Deliansyah.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Dukcapil Muaro Jambi, Dicky Ferdiansyah menjelaskan apa saja dari 8 inovasi adminduk yang dikelola instansinya.
Antara lain: 1). Cekatan Plus (Rekam Cetak di Kecamatan Plus) yang memungkinkan perekaman dan pencetakan dokumen kependudukan di tingkat kecamatan; 2). Datuk Kades (Datang Urus Adminduk ke Kantor Kepala Desa) yakni pelayanan adminduk langsung di kantor kepala desa; 3). Peka Manula (Pelayanan Kepemilikan Administrasi Kependudukan Bagi Manula dan Orang Sakit); 4). Pengantin Bahagia (Pelayanan Pengganti Dokumen Adminduk Bagi Pengantin yang lagi Berbahagia); 5). Jebol Ngudut (Jemput Bola Dokumen Kependudukan di Tempat), yakni layanan pengantaran dokumen kependudukan langsung ke tempat yang diinginkan oleh masyarakat.
Selain itu, masih ada lagi: 6). Si Kulup (Siap Akta Cerai Ubah Langsung Status Perkawinan), yaitu layanan untuk mengubah status perkawinan secara langsung setelah perceraian; 7). Mekdo Cabi (Melayani Kepemilikan Dokumen Online Dukcapil Muaro Jambi); 8). Mekdo Saidah (Melayani Kepemilikan Dokumen Online Dari Rumah Ibadah): Layanan kepemilikan dokumen online dari rumah ibadah untuk non-Muslim.
"Dengan peluncuran berbagai inovasi ini, diharapkan pelayanan adminduk di Kabupaten Muaro Jambi dapat lebih responsif, efisien, dan memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih baik ke depannya," kata Kadis Dicky.
Pada kesempatan lain, Direktur Bina Aparatur Ditjen Dukcapil Andi Kriarmoni menegaskan, fokus pelayanan adminduk bertujuan membahagiakan masyarakat melalui perbaikan kualitas pelayanan. "Hal ini diwujudkan antara lain layanan online yang cepat selesai, serta inovasi yang memudahkan dengan memangkas persyaratan dan fokus pada solusi," kata Direktur Andi.
Secara terpisah, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi memuji 8 inovasi Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi.
"Yang dilakukan Dukcapil Muaro Jambi patut direplikasi oleh daerah lainnya, demi memudahkan akses serta kepengurusan data kependudukan. Yang tak kalah penting, jaga marwah Dukcapil dengan layanan bebas calo dan pungli," demikian Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi. Dukcapil***
Komentar
Tidak ada komentar.
Kirim Komentar