Mataram - Masyarakat Kota Mataram kini bisa merasakan manfaat nyata dari Mal Pelayanan Publik (MPP) dalam pelayanan Administrasi kependudukan (Adminduk). Dengan semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan efisien bagi warganya, Dinas Dukcapil Kota Marataram membuka layanan Adminduk di Mataram Mall sejak Kamis (13/7/2023).
Sebagai ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram memiliki populasi yang besar dan kebutuhan pelayanan Adminduk yang cepat dan akurat. Sebelumnya, masyarakat seringkali sulit mengurus berbagai dokumen penting seperti KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), dan akta kelahiran. Jarak yang jauh dengan kantor Disdukcapil kerap jadi kendala bagi masyarakat saat mau mengurus dokumen kependudukan.
Setelah adanya MPP, mendekatkan layanan kepada masyarakat terutama yang berada di bagian utara, tengah, dan timur dari Kota Mataram.
"Selama ini banyak masyarakat yang merasa kantor kami di Jalan Lingkar Selatan itu jauh, sehingga enggan mereka datang. Dengan MPP ini diharapkan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan Adminduk yang cepat, mudah, gratis, dan membahagiakan,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Amran M. Amin, Senin (31/7/2023).
Amran menambahkan, Dinas Dukcapil berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat Kota Mataram. "Dengan MPP yang juga memberikan pelayanan Adminduk, kami ingin menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi warga dalam mengurus dokumen kependudukan," kata Amran.
Amran mengakui pihaknya masih perlu untuk meningkatkan sosialisasi tentang MPP ini, karena masih banyak masyarakat yang belum tahu. "Sejak dibukanya layanan Adminduk di MPP Mataram Mall, jumlah pengunjung masih di bawah 20 pemohon setiap hari,” jelas Amran.
Secara terpisah, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi menyatakan MPP adalah langkah inovatif yang sangat positif untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan dan pelayanan publik.
"Konsep MPP mempermudah koordinasi dan kolaborasi antarinstansi pelayanan. MPP menjadi bukti nyata bagaimana pemerintah berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat dan menjadikan pelayanan publik lebih ramah, terjangkau, dan memudahkan kehidupan masyarakat khususnya dalam hal ini pelayanan Adminduk," kata Dirjen Teguh Setyabudi. Dukcapil***
Komentar
Komentar di nonaktifkan.