Agats - Ditjen Dukcapil Kemendagri terus bergerak dalam memberikan bantuan pelayanan jemput bola (Jebol) di daerah khususnya wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) prioritas. Kali ini Ditjen Dukcapil hadir membantu pelayanan jemput bola di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, bersama Dukcapil Asmat di Distrik Agats pada 14-16 Mei 2024.
Perjalanan yang ditempuh dari Jakarta menuju Asmat tidaklah sebentar. Sebelum tiba di Bandara Ewer Asmat dari Jakarta, rute penerbangan yang ditempuh harus transit di Ujung Pandang dan Timika, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju Distrik Agats menyusuri muara sungai Asewet.
Walter Edward Malau selaku ke Tim Layanan Dukcapil di Asmat menuturkan bahwa Tim Dukcapil datang dengan membawa 3 personil sekaligus peralatan rekam cetak KTP-el. "Selain itu kami juga membawa 6.000 keping blangko KTP-el khusus untuk kabupaten Asmat sebagai bagian dari pelayanan kami di Asmat," terang Walter di Asmat, Kamis (16/05/2024).
Pelayanan adminduk kepada warga di Distrik Agats ini bertempat di SMAN Agats pada 14 Mei 2024, SMA Kristen Yan Smit pada 15 Mei 2024, dan SMA YP PGI Asmat pada 16 Mei 2024. Dari tiga hari pelayanan di Asmat, Tim Ditjen Dukcapil bersama Dukcapil Asmat sukses berikan 1.246 Dokumen Kependudukan.
"Terdiri dari 91 perekaman KTP-el, cetak 885 KTP-el, 158 Kartu Keluarga, 50 KIA, 33 Akta Kelahiran, 5 Akta Kematian,1 Akta Perkawinan, 1 Biodata Anak berdasarkan Kepemilikan Akta Kelahiran (BAKAK), serta 22 perpindahan penduduk," urai Walter.
Walter menuturkan, selain melayani beragam kebutuhan adminduk dan perekaman KTP-el para pemilih pemula yang berusia 17 tahun, Tim Dukcapil turut melayani pencetakan KTP-el masyarakat yang mengubah nomenklatur Kabupaten Asmat, yang semula tertulis Provinsi Papua, menjadi Provinsi Papua Selatan.
Direktur Dafdukcapil, Akhmad Sudirman Tavipiyono, di tempat terpisah turut mengucapkan terimakasih dan salam kepada seluruh Tim Ditjen Dukcapil dan Dukcapil Asmat pada layanan yang diberikan. "Terimakasih atas layanan maksimal yang telah diberikan dan semoga pelayanan di Asmat semakin berkembang ke arah yang lebih baik," ucap Tavip.
Demikian selaras dengan arahan Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi, bahwa Dukcapil harus memberikan pelayanan yang Prima. "Layanan Dukcapil harus menjangkau seluruh penduduk dimanapun tidak terkecuali. Beragam kemudahan harus senantiasa kita berikan tidak lain tidak bukan untuk memenuhi hak adminduk seluruh penduduk," tegas Dirjen Teguh. Dukcapil***
Komentar
Tidak ada komentar.
Kirim Komentar