Soe - Ditjen Dukcapil Kemendagri terus berupaya membantu layanan di daerah khususnya wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) prioritas. Kali ini Tim Ditjen Dukcapil turun langsung bersama Dinas Dukcapil Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) memberikan layanan adminduk secara langsung di Kecamatan Kolbano pada 23-26 April 2024.
Ketua Tim Layanan Dukcapil di TTS, Christina Lilik menuturkan bahwa Ditjen Dukcapil datang dengan membawa bantuan Tim Teknis sekaligus peralatan rekam cetak KTP-el. "Pada kesempatan ini Ditjen Dukcapil selain berangkat bersama 5 personel, kami juga membawa 6.000 kepping blangko KTP-el untuk membantu rekan-rekan di TTS ini," ungkap Christina saat diterima secara Adat Natoni oleh Camat Kolbano di Soe, Selasa (23/4/2024).
Turut menyambut Tim Ditjen Dukcapil, Kadis Dukcapil TTS, Jeims Dizon Kase mengungkapkan rasa terimakasih atas bantuan tenaga yang diberikan oleh Tim Ditjen Dukcapil.
"Dengan support personel dan peralatan ini kami yakin layanan jemput bola di Kolbano ini dapat berjalan sukses," ucap Kadis Jeims.
Mengawali pelayanan pada 23 April 2024, terlihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi memenuhi titik layanan di Kecamatan Kolbano untuk mengurus keperluan adminduknya. "Keperluan adminduk seluruh masyarakat akan kami layani di sini semuanya. Rekam cetak KTP-el, Kartu Keluarga, Akta Pencatatan Sipil akan kami layani dan berikan secara alngsung di Kec. Kolbano ini," terang Christina.
Lebih lanjut Christina menguraikan bahwa hasil pelayanan pada hari pertama pelayanan 23 April 2024 telah terlayani sebanyak 1.733 dokumen. "Rincian pelayanannya yaitu 378 kartu keluarga, 51 KIA, 44 SKPWNI, 221 akta kelahiran, 27 akta kematian, 42 akta perkawinan, 9 Biodata Pendukung Kepemilikan Akta Kelahiran, 213 perekaman KTP-el, serta 748 cetak KTP-el," kata Christina merinci.
Lebih jauh Christina juga menuturkan bahwa di hari kedua pelayanan 24 April 2024 antusiasme masyarakat terus meningkat. "Hari ini masyarakat yang datang jauh lebih banyak. Ini berarti informasi kemudahan layanan jemput bola hingga 26 April 2024 di Kolbano ini menyebar dengan sangat cepat," tutur Christina.
Direktur Dafdukcapil, Tavipiyono, turut mengirimkan pesan dan salam kepada seluruh Tim Ditjen Dukcapil dan Disdukcapil TTS agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal. "Maksimalkan waktu yang ada, penuhi setiap kebutuhan adminduk masyarakat karena merupakan dasar pelayanan publik lainnya. Jangan lupa jaga kesehatan untuk tim yang bertugas," pesan Tavip.
Hal ini selaras dengan arahan Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi, bahwa Dukcapil harus memberikan pelayanan yang Prima. "Layanan Dukcapil harus menjangkau seluruh penduduk dimanapun tidak terkecuali. Beragam kemudahan harus senantiasa kita berikan tidak lain tidak bukan untuk memenuhi hak adminduk seluruh penduduk," tegas Dirjen Teguh. Dukcapil***
Komentar
Tidak ada komentar.
Kirim Komentar