Ditulis Pada 11 September 2017 14:06 WIB

14 Lembaga di Bantul Manfaatkan Data Kependudukan

Bantul – Untuk memudahkan layanan publik di berbagai bidang, Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul memberi hak akses pemanfaatan data kependudukan, NIK, dan KTP-el kepada 14 lembaga pengguna di wilayah kerjanya. 

 

Pemberian hak akses tersebut tertuang melalui perjanjian kerjasama (PKS) antara Kepala Dinas Dukcapil dengan para kepala lembaga pengguna dalam dua tahap. 

 

Tahap pertama dilaksanakan di Gedung Pertemuan Komplek II Pemda Kabupaten Bantul, Jum’at (26/05/2017) dan dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. Pada tahap ini, PKS ditandatangani oleh 6 lembaga pengguna. 

 

Untuk tahap kedua, PKS dilaksanakan dengan 8 lembaga pengguna, yakni Dinas PU dan Kawasan Pemukiman serta 7 kepala desa (Sidomulyo, Mulyodadi, Srimulyo, Guwosari, Triwidadi, Bangunjiwo, dan Srihardono). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Dinas Dukcapil, Selasa (22/08/2017). 

 

Kepala Dinas Dukcapil, Bambang Purwadi Nugroho menyampaikan, pemanfaatan data kependudukan sangatlah penting terutama untuk meningkatkan pelayanan publik oleh lembaga pengguna, untuk perencanaan pembangunan dan keperluan lainnya. 

 

“Untuk itu lembaga-lembaga pengguna di tingkat Kabupaten Bantul sangat diharapkan untuk membuat permohonan hak akses kepada Bupati tembusan Kadis Dukcapil”, jelas Bambang.

 

Menurutnya, pemanfaatan data kependudukan tersebut berdasarkan Permendagri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. 

 

Sementara itu, Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data, Emmy Nikmawati, penandatanganan kerjasama ini merupakan kali kedua selama tahun 2017. 

 

“Tahap pertama sudah dilaksanakan pada bulan Mei lalu dan dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih”, lanjut Emmy.

 

Delapan lembaga pengguna tersebut, menurut Emmy, adalah Kantor Kementerian Agama Bantul, Bappeda  Kabupaten Bantul, Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul, Pemerintah Desa Pangungharjo, Pemerintah Desa Pendowoharjo dan Pemerintah Desa Tirtohargo. Dukcapil***