VISI

Tertib Administrasi Kependudukan dengan Pelayanan Prima menuju Penduduk Berkualitas Tahun 2015

MISI

  1. Mengembangkan kebijakan dan sistem serta menyelengarakan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil untuk menghimpun data kependudukan, menerbitkan identitas dan mensyahkan perubahan status dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan.
  2. Mengembangkan dan memadukan kebijakan pengelolaan informasi hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sehingga mampu menyediakan data dan informasi kependudukan secara lengkap, akurat dan memenuhi kepentingan publik dan pembangunan.
  3. Mengembangkan pranata hukum, kelembagaan serta peran serta masyarakat yang mendukung proses pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi kependudukan guna memberikan kepastian dan perlindungan sesuai hak-hak penduduk.
  4. Merumuskan kebijakan pengembangan kependudukan yang serasi, selaras dan seimbang antara jumlah/pertumbuhan, kualitas serta persebaran dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan.
  5. Menyusun perencanaan kependudukan sebagai dasar perencanaan dan perumusan pembangunan nasional dan daerah yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan penduduk.
E-Learning
Rabu, 06 Juni 2012
Berita Daerah
"Hingga batas waktu 7 Mei 2012, masih terdapat sisa kuota sesuai MoU dengan Ditjen Kependudukan Kemendagri 2010 sebanyak 6.587 orang," kata Kabid Pendaftaran dan Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Bontang di Bontang, Sabtu.
Senin, 28 Mei 2012
Berita Daerah
Pembagian e-KTP tersebut akan dilakukan melalui masing-masing kelurahan, dan selanjutnya akan dibagikan melalui RT/RW setempat. Sedangkan untuk setiap kecamatan, penerimaan jumlah e-KTP tidak sama rata. Tergantung kepada jumlah data perekaman yang sudah dilakukan, dari tiap-tiap kecamatan.
Senin, 21 Mei 2012
Berita Daerah
Persoalan yang dialami warga wedi kengser timbul karena mereka tinggal di tanah yang sebenarnya tidak diperbolehkan untuk tempat tinggal. Akibatnya persoalan demi persoalan muncul, mulai dari pembatasan layanan kartu kependudukan, layanan jaminan sosial, kesehatan dan lainnya.
Rabu, 09 Mei 2012
Berita Daerah
Drs Imam Supriyono Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM Lumajang, Selasa (8/5/2012) pagi, mengungkapkan bahwa uji-coba ini dilaksanakan untuk menguji kemampuan peralatan dan kesiapan tenaga operator saat dioperasikan nanti.
Selasa, 01 Mei 2012
Berita Daerah
Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bandung Cecep Suhendar mengaakan, pembuatan akta kelahiran adalah layanan mendasar yang berhak didapatkan masyarakat tanpa terbebani biaya.
Senin, 30 April 2012
Berita Daerah
Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, ke Bupati Sidrap, H Rusdi Masse. Penerimaan penghargaan tersebut, dilaksanakan di ruang pola kantor gubernur Sulawesi Selatan, dalam rangkaian kunjungan kerja mendagri, yang disaksikan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.
Senin, 30 April 2012
Berita Daerah
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkot Surabaya, Suharto Wardoyo. Hari ini pihaknya hanya mampu menargetkan hingga 76 persen pembuatan e-KTP.
Rabu, 25 April 2012
Berita Daerah
Jumlah DP4 tersebut sebanyak 3.639.810 jiwa pemilih atau 69,55 persen dari total penduduk Kalbar yang sebanyak 5.233.586 jiwa. Sekda Kalbar yang juga sebagai Penanggungjawab Pemutakhiran Data Penduduk Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie mengatakan penyusunan DP4 merupakan pemutakhiran data penduduk yang diperoleh dari hasil pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.
Kamis, 19 April 2012
Berita Daerah
"Warga yang terlambat atau belum mengurus kartu tanda penduduk elektronik sampai batas waktunya, kabarnya kalau mengurus secara susulan akan dikenai biaya Rp 60.000 Rp 70.000 per orang," ujar Petrus, warga Kelurahan Sampangan, Semarang, Kamis (19/4/2012).
Rabu, 18 April 2012
Berita Daerah
Pemerintah Kota setempat serius dalam melaksanakan program terutama proses pembuatan KTP Elektronik, kata Mendagri saat pertemuan dengan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, Ahad (15/4) malam.
Senin, 16 April 2012
Berita Daerah
Hingga Minggu (15/4), sosialisasi serta uji coba program, sudah dilakukan di 30 kecamatan. Bahkan di beberapa kecamatan sudah diberlakukan pembuatan e-KTP. Selama masa ujicoba itu, tidak banyak kendala yang dihadapi pelaksana, yaitu tingkat kecamatan. Hanya masalah teknis koneksi jaringan yang terkadang melambat, namun masih bisa diatasi dengan baik oleh operator.
Senin, 09 April 2012
Berita Daerah
"Pelaksanaan proses pemutakhiran data pemilih dimulai hari ini hingga 5 Mei 2012 dan dilakukan per tempat pemungutan suara (TPS)," kata anggota KPU Cilacap Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, Ahmad Kholil, di Cilacap, Jumat (6/4). Oleh karena itu kata dia, jumlah PPDP yang diterjunkan dalam kegiatan tersebut sebanyak jumlah TPS yang disiapkan.
Kamis, 05 April 2012
Berita Daerah
“Saat ini kita sudah mengantongi sekitar 2.997 e-KTP yang sudah selesai dicetak dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Yang jelas, kita akan segera membagikannya begitu KTP yang sudah tercetak kita terima semuanya,” kata Kepala Disdukcapil Kota Medan, Darussalam Pohan, memastikan pembagian itu.
Selasa, 03 April 2012
Berita Daerah
“Kita berharap, Desember 2011 e-KTP tersebut sudah bisa diserahkan kepada warga Kabupaten Bandung Barat,” ujar Bupati Bandung Barat Abubakar, seusai melakukan pencanangan tanda dimulainya proses pembuatan e-KTP di Kabupaten Bandung Barat, di Kantor Kecamatan Lembang, Senin (2/4/12).
Senin, 02 April 2012
Berita Daerah
Camat Karangmalang, Bambang Widyatmoko, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (1/4/2012), mengungkapkan persiapan peralatan untuk program E-KTP sudah siap. Menurut dia, penataan lokasi kantor pelayanan E-KTP akan dilakukan oleh konsorsium dari Jakarta mulai Senin (2/4/2012) ini.
Senin, 02 April 2012
Berita Daerah
Kepala Seksi Penerbitan KK dan KTP, Dindukcapil kota Yogyakarta Bram Prasetyo mengatakan, berdasarkan data ada 65 orang warga Kota Yogyakarta wajib KTP yang menjadi penghuni rutan dan LP. Namun kata dia, perekaman data hanya dilakukan untuk 23 warga saja.
Senin, 02 April 2012
Berita Daerah
Langkah tersebut dilakukan untuk mendukung pelaksanaan program E-KTP yang serentak digelar di 19 kecamatan per 1 April 2012. Dengan sarana dan dukungan petugas di lapangan proses input data diharapkan pelayanan akan berjalan maksimal seperti waktu yang telah ditentukan yakni 168 hari pelaksanaan.
Jumat, 30 Maret 2012
Berita Daerah
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI, Purba Hutapea membenarkan bahwa warga yang datang ke kelurahan semakin berkurang. Ia mengungkapkan bahwa hanya sebanyak 10 orang yang hadir setiap harinya di tiap kelurahan. "Tidak ada lagi orang yang datang. Kemungkinan sisa warga yang belum datang ada yang keluar negeri atau pindah tanpa keterangan," kata Purba, ketika dihubungi, Kamis (29/3).
Kamis, 29 Maret 2012
Berita Daerah
Hal itu dikatakan Mundjirin seusai mengawali pelaksanaan program KTP Elektronik (e-KTP) di kantor Kecamatan Ambarawa, Rabu (21/3/2012) siang tadi. Bupati yang juga seorang dokter ini mengatakan, iris scanner sangat berpotensi menularkan penyakit mata karena tak ada jaminan para penggunanya steril dari penyakit. Iris scanner, menurutnya, harus rutin dibersihkan dengan cairan alkohol.
Rabu, 28 Maret 2012
Berita Daerah
Camat Gayungan Sudibyo mengatakan, target yang harus dipenuhi di kecamatannya sebanyak 35 ribu e-KTP. Dari jumlah itu sudah sebanyak 15 ribu e-KTP terealisasi, sedangkan sisanya yang 20 ribu warga belum mengikuti program e-KTP tersebut.
Rabu, 21 Maret 2012
Berita Daerah
Menyikapi hal ini, Kepala Disdukcapil Samarinda Jony Bachtiar mengimbau kepada masyarakat untuk mengurus sendiri semua dokumen tersebut, karena pada dasarnya tidak dipungut biaya alias gratis. Kalaupun ada yang menawarkan jasa, biayanya tergantung dari keputusan kedua belah pihak saja, antara yang bersangkutan dengan yang menguruskan.
Selasa, 20 Maret 2012
Berita Daerah
Kepastian itu didapatkan setelah Peraturan Daerah (Perda) No. 11 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum diterbitkan. "Perda tersebut, salah satu isinya menyebutkan tentang penggantian biaya cetak untuk KTP dan KK. Perda ini terakhir diganti tahun 2001 lalu. Jadi, wajar kalau dilakukan perubahan," ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kab. Bandung, Salimin ketika ditemui GM" di ruang kerjanya, Senin (19/3).
Selasa, 20 Maret 2012
Berita Daerah
Pernikahan masal ini akan dilaksanakan awal April hingga akhir April nanti dan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao telah memberikan surat pemberitahuan kepada 10 Camat untuk disampaikan kepada para pemimpin agama untuk mendata jemaatnya yang belum menikah.
Rabu, 07 Maret 2012
Berita Daerah
“Saat ini kami baru memiliki 12 unit alat perekam identitas untuk melayani sekitar 700 ribu warga wajib KTP. Idealnya kita butuh sekitar 22 mesin untuk melayani sekitar 700 ribu warga yang secara serentak akan melakukan perekaman identitas mulai Maret ini,” kata Estiningsih, Kabid Informasi dan Dokumentasi Disdukcapil Kota Bogor, Minggu.
Selasa, 28 Februari 2012
Berita Daerah
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Barat H. Zulkarnain di Gerung, Senin (27/2), mengatakan bahwa ratusan warga Ahmadiyah tersebut telah meninggalkan kampung halamannya di Desa Lingsar sejak 2006. Hingga saat ini, mereka berada di wilayah Kota Mataram.
Selasa, 28 Februari 2012
Berita Daerah
Sanksi denda itu, didasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor; 12 tahun 2011 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan di Kabupaten Wonogiri. Terkait ini, Senin (27/2), dilakukan gelar razia KTP di pasar induk Wonogiri Kota. Razia dilakukan oleh tim gabungan, terdiri atas pejabat dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispendukcapil), para personel Satpol-PP, aparat dari Kantor Kecamatan dan dari Bagian Hukum Pemkab Wonogiri.
Jumat, 09 Januari 2009
Berita Daerah
Kota Tanjung Pinang - Sebagai tindak lanjut dari Rapat-rapat Koordinasi dan kesepakatan antar Instansi dan Lintas Sektor, antara lain Departemen Dalam Negeri, Departemen Tenaga Kerja, BNP2TKI, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota, Kantor Imigrasi Kab/Kota, BP3TKI Kab/Kota, Pengusaha Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI),
Kamis, 08 Januari 2009
Berita Daerah
Pada 2 Januari, sistem pengurusan Kartu Tanda Penduduk akan mengalami perubahan. Jika kini cukup berurusan sampai di pihak kecamatan, tapi mendatang finalnya ada Dinas Pendaftaran Penduduk (Distarduk).
Kamis, 08 Januari 2009
Berita Daerah
Aksi premanisme tidak hanya terjadi di jalanan, tetapi di kantor milik pemerintah pun dapat terjadi . Seperti dialami Hotmauli Junita Manik (40) PNS Kantor Lurah, dipukul kursi oleh seorang pria yang disebut-sebut Ketua LSM Medan di Kantor Lurah Tanjung Gusta Jalan Tanjung X Kelurahan Tanjung Gusta Medan Helvetia .
Jumat, 07 Januari 2005
Berita Daerah
Mencermati perkembangan penduduk yang seperti itulah, maka kita semua patut bersyukur karena kita semua telah dari awal merancang dampak ikutan yang akan terjadi tersebut.
Page : of 1 page(s)
Show 1 - 30 of 30 record(s)
Copyright © 2002 - 2011, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Hak Cipta Dilindungi Undang-undang.
KEMENTERIAN DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA, Jakarta, Indonesia