Ditulis Pada 14 September 2017 13:32 WIB

Sesditjen Imbau Jajaran Ikuti Perubahan Kebijakan Keuangan

Jakarta – Segala hal dalam kehidupan ini memang selalu berubah, tidak terkecuali dalam penyelenggaraan keuangan negara. Dari tahun ke tahun perubahan itu terus terjadi. Hal itu menuntut setiap penyelenggara negara untuk menyesuaikan diri, termasuk terkait pemahaman dan pengetahuan terhadap kebijakan yang terus berubah.

 

Demikian disampaikan Sekretaris Ditjen Dukcapil, I Gede Suratha, pada pembukaan Sosiliasi Perdirjen Nomor: Per-12/PB/2017 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2017 di Hotel Fave PGC Cililitan, Jakarta, Selasa (12/09/2017). 

 

Sosialisasi berlangsung selama dua hari pada tanggal 12 sampai 13 November 2017.

 

“Jangan pernah merasa paling berpengalaman. Maka bagi mereka yang mau menyesuaikan diri dengan perubahan, mereka itulah yang akan bertahan”, jelas I Gede Suratha. 

 

Melalui sosialisasi, Sesditjen Dukcapil berharap peserta mendapatkan pemahaman yang utuh, terutama terkait hal-hal yang berubah dan menjadi patokan dalam pelaksanaan anggaran akhir tahun 2017.

 

Terkait pengadaan barang dan jasa, I Gede Suratha menekankan akan pentingnya mengutamakan kualitas hasil dan nilai manfaat dari pekerjaan yang dihasilkan.

 

“Tidak hanya soal pantas bayar, tapi yang lebih penting adalah kinerja pekerjaan. Walaupun sudah dibayar lengkap dan sesuai peraturan, tapi apakah pekerjaan itu bermanfaat atau tidak itu harus menjadi perhatian”, tegas I Gede Suratha. 

 

Sementara Kabag Keuangan Ditjen Dukcapil Suparmanto menyampaikan perlu diambil langkah-langkah percepatan realisasi anggaran DIPA 2017. 

 

“Untuk itu, di sini telah hadir para Kepala Bagian, Kasubbid Monev, para PPTK, bendahara pengeluaran dan bendahara pengeluaran pembantu, perwakilan Satker di lingkungan Ditjen Dukcapil”, ungkap Suparmanto. Dukcapil***