Ditulis Pada 21 Maret 2018 13:46 WIB

Prof. Zudan Tegaskan Dukcapil Satu-Satunya Lembaga Penerbit NIK

Jakarta – Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menegaskan, Dukcapil adalah satu-satunya lembaga yang menerbitkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai amanat Pasal 1, Pasal 5 serta Pasal 13 dalam Undang-Undang Adminduk. 

 

“Tidak ada lembaga lain yang dapat menerbitkan NIK. Bila ada itu pelanggaran dan masuk tindak pidana,” kata Zudan Arif Fakrulloh dalam acara Sosialisasi Kebijakan Pencatatan Kelahiran di Jakarta, Selasa, (20/03/2018).

 

Ia mengimbau agar kepala dinas serta kepala bidang di Dukcapil bersama-sama menjaga hal itu dari berbagai persoalan yang mungkin akan mengganggu proses di dalamnya. 

 

“Kita dapat hindari hal-hal yang sesungguhnya tak perlu terjadi. Jika kita teliti,” tambah Zudan.

 

Zudan sempat mempersoalkan NIK terkait adanya laporan dari KPU Provinsi Bali. KPU Bali pernah menanyakan apakah boleh KPU membuatkan NIK.

 

“Ini akan mengulang kembali peristiwa 2014, dimana DPT banyak sekali NIK yang ujungnya ber-angka 0. Ini kan tidak benar. Dan kami pastikan itu bukan dari Dukcapil, bilamana ada lembaga lain selain Dukcapil yang mengeluarkan NIK Generik,” terang Zudan.

 

Jelang pilkada serentak 2018, Dukcapil bersama-sama dengan KPU sedang menentukan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Setelah di verifikasi, maka dianggap aman untuk masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dukcapil***