Ditulis Pada 02 Maret 2018 13:18 WIB

Prof. Zudan: Indeks Kepuasan Untuk Benahi Pelayanan Adminduk

Ambon – Mengukur indeks kepuasan pelayanan kepada pelanggan menjadi hal yang lumrah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan suatu lembaga/instansi. Ini bahkan menjadi suatu keharusan bagi lembaga pelayanan publik seperti halnya Dinas Dukcapil. 

 

Sebagai Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh tak henti-hentinya mengingatkan jajaran Dukcapil untuk menciptakan pelayanan yang senyaman mungkin bagi masyarakat. 

 

Salah satu langkahnya adalah mendorong Dinas Dukcapil kabupaten/kota untuk mengukur indeks kepuasan pelayanan administrasi kependudukan. 

 

“Bapak dan ibu silakan buatkan survey tingkat kepuasan pelanggan”, imbuh Prof. Zudan kepada peserta Forum SKPD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku Tahun 2018 di Kota Ambon, Maluku, Rabu (28/02/2018). 

 

Survey tersebut, sambungnya, cukup dibuat sederhana agar dengan mudah bisa diisi oleh masyarakat. 

 

“Jadi teman-teman, buat saja menurut Saudara tingkat kepuasan Anda satu, dua, tiga, empat, lima. Satu sangat tidak puas, dua tidak puas, tiga cukup, empat puas, lima sangat puas. Pertanyaan kedua apa saran Saudara? Nah, dua saja. Nah itulah (caranya mengukur) indeks kepuasan pelanggan”, papar Prof. Zudan. 

 

Dengan indeks kepuasan tersebut, Dinas Dukcapil dapat mengukur sejauhmana tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan, apa saja yang masih kurang, dan hal-hal apa yang bisa diperbaiki. 

 

“Dengan itu, kita akan membenahi terus menerus”, pungkasnya. 

 

Selain itu, Ketua DPN Korpri ini juga mengingatkan peran penting lembaga yang membidangi administrasi kependudukan saat ini. Menurutnya, Dukcapil adalah institusi yang ditunggu-tunggu dan sangat dibutuhkan lembaga lain. 

 

“Belum ada institusi yang sebegitu ditunggu-tunggunya, gratis lagi. Sekarang yang sudah menunggu kurang lebih 800 lembaga”, ujarnya penuh antusias. Dukcapil***