Ditulis Pada 06 September 2017 11:54 WIB

Pengadilan Negeri Bantul Jajaki Kerjasama Pelayanan dengan Dinas Dukcapil

Bantul – Dalam rangka sinkronisasi dan sinergitas pelayanan kepada masyarakat, Pengadilan Negeri Kabupaten Bantul menjajaki kerjasama dengan Dinas Dukcapil setempat.

 

Kedua lembaga mengadakan pertemuan yang dikemas dalam acara Ngopi Bareng dengan tema “Rembugan Pelayanan Administrasi Kependudukan yang Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan”, bertempat di Pengadilan Negeri Bantul, Senin (04/09/2017).

 

Kedunya menjajaki berbagai kemungkinan  kerjasama yang bisa dilakukan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat terkait tugas-tugas yang diamanatkan kepada masing-masing lembaga. 

 

“Di antarnya  pelayanan administrasi kependudukan pada pemohon keadilan perceraian dan putusan pengadilan dengan memanfaatkan sistem yang sudah ada di Dinas Dukcapil dengan sistem yang tersedia di Pengadilan Negeri”, tandas Kepala Dinas Dukcapil Bantul Bambang Purwadi Nugroho.

 

Untuk menjalankan kerjasama tersebut, langkah selanjutnya adalah menyepakati regulasi dan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mengaplikasikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

 

Hadir di acara ini Ketua Pengadilan Negeri Bantul Agung Sulistyo, dan Wakilnya Subagiyo. Hadir pula beberapa orang Hakim, Humas, Panitera, Panitera Muda, dan Panitera Pengganti di lingkungan Pengadilan Negeri Bantul. 

 

Dari Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul, selain kepala dinas, juga hadir beberapa pejabat di antaranya Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Sri Nuryanti, serta Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Emmy Nikmawati beserta jajarannya. Dukcapil***