Ditulis Pada 13 Juli 2018 11:59 WIB

Pemprov Sumsel Ajak Tertib Adminduk Untuk Kepentingan Bersama

Palembang – Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Prof. Eduar Juliartha saat mewakili Gubernur Sumsel pada pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Palembang, Rabu (11/07/2018) mengajak penduduk Sumsel untuk lebih sadar akan pentingnya tertib Adminduk. 

 

Menurutnya, tertib Adminduk salah satunya merekam data KTP-el sebagai bagian dari tanggung jawab masyarakat untuk menjalankan kewajiban membantu pemerintah dalam meweujudkan data kependudukan yang baik dan akurat. 

 

Data kependudukan yang baik dan akurat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama, di antaranya untuk perencanaan pembangunan dan pelayanan publik. 

 

“Masyarakat saat ini bisa menjalankan sebagian tugas untuk membantu pemerintah. Dengan data KTP-el yang sudah terekam, menjadikan pemerintah mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka perencanaan yang lebih matang bisa lebih menyentuh kepada kepentingan masyarakat”, imbuhnya. 

 

Ia mengajak penduduk Sumsel agar tidak hanya mengurus dokumen kependudukan saat ketika merasa membutuhkannya. Justru dokumen kependudukan harus menjadi hal utama bagi masyarakat, apalagi saat ini kita dihadapkan pada tahun politik yang sangat bergantung pada data kependudukan. 

 

“Dalam sebuah perspektif, selama tak kita butuhkan, seolah menjadi complement, tidak menjadi yang utama. Padahal data kependudukan, suatu hal yang tak bisa dipisahkan, dan harus menjadi hal yang utama. Apalagi saat ini, data dan dokumen kependudukan menjadi sangat luarbiasa, tahun depan sebagai tahun strategis jelang Pileg dan Pilpres 2019,” lanjut Prof. Eduar.

 

Terkait GISA, Prof. Eduar berharap seluruh jajaran Dinas Dukcapil baik Pemprov maupun kabupaten/kota di Sumsel dapat bersama-sama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

 

Caranya melalui pemenuhan kebutuhan akan dokumen kependudukan guna mewujudkan rasa aman dan menjadi suatu keabsahan dan kepastian serta pengakuan diri dari negara menuju masyarakat yang bahagia.

 

“Di Sumsel hari ini sudah hampir 96,48% perekaman KTP-el telah dilaksanakan. Data yang tertinggi perekaman KTP-el sebesar  113% diraih oleh OKU Timur,” pungkasnya. Dukcapil***