Ditulis Pada 10 Agustus 2018 15:10 WIB

Kucata’Ki Permudah Warga Makassar Lapor Peristiwa Lahir Mati

Makassar – Di era digital saat ini, seluruh aspek kehidupan manusia seakan tidak bisa dipisahkan dari berbagai macam teknologi daring terintegrasi. 

 

Ragam aktivitas dan layanan yang semula banyak memakan tempat dan waktu, kini bisa dilakukan hanya dengan satu kali ‘klik’ di smartphone.

 

Nah kali ini, Dinas Dukcapil Kota Makassar ambil bagian memanfaatkan teknologi daring dengan meluncurkan aplikasi pelaporan kependudukan berbasis android bernama Kucata’Ki. 

 

Inovasi melalui aplikasi pintar ini dipastikan memudahkan warga Makassar mendapatkan haknya di bidang Administrasi Kependudukan (Adminduk). 

 

“Hari ini kita melaunching pelaporan Akta Kelahiran dan pelaporan peristiwa kematian berbasis online. Hari ini kita masih lakukan pelatihan ke beberapa Puskesmas dan rumah sakit swasta untuk memanfaatkan aplikasi ini,” kata Kepala Dinas Dukcapil Makassar, Nielma Palamba, dalam acara Launching Aplikasi Kucata’Ki di Hotel Best Western Plus, Makassar, Rabu (08/08/2018).

 

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto itu, Nielma berharap pelaporan kelahiran anak untuk proses Akta Kelahiran menjadi lebih akurat karena pendataannya yang bersifat real time.

 

Adapun mengenai pelaporan peristiwa kematian, prosesnya adalah warga melapor via aplikasi tersebut. Nantinya, laporan tersebut akan dihimpun dan diproses oleh petugas langsung di kelurahan setempat.

 

“Laporannya secara online dari kelurahan. Kami sudah melatih 70 staf kelurahan, sehingga bila ada yang meninggal laporannya langsung ke server Dukcapil,” tambahnya.

 

Nielma berharap Pemilu 2019 mendatang akan semakin baik melalui dukungan data kependudukan yang akurat, di antaranya Pemungutan Suara (TPS) ke depannya tidak lagi mencantumkan warga yang sudah meninggal karena datanya non aktif. Dukcapil***