Ditulis Pada 16 Maret 2018 10:50 WIB

Kejar Pilkada Serentak 2018, Dukcapil Buka Layanan Week End

Jakarta – Pilkada Serentak 2018 sudah semakin dekat. Tanggal 27 Juni 2018 menjadi satu momen penting bagi setiap warga negara yang memiliki hak pilih untuk menentukan pilihan kepala daerah. 

 

Pesta demokrasi ini akan serentak berlangsung di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. 

 

Mendukung sukses Pilkada Serentak 2018, Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil memastikan setiap warga negara yang memiliki hak pilih mendapatkan identitas kependudukan berupa KTP-el. 

 

Untuk itu, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menghimbau jajaran Dukcapil seluruh Indonesia untuk membuka layanan week end di hari Sabtu dan Minggu. 

 

“Sejak Oktober 2017, Bapak Mendagri sudah minta daerah agar hari libur atau Sabtu dan Minggu sekalipun tetap masuk untuk melayani masyarakat yang ingin merekam e-KTP dan keperluan Adminduk lainnya di kecamatan atau Dinas Dukcapil (kabupaten/kota),” katanya di Jakarta, Kamis (15/03/2018). 

 

Imbauan Mendagri tersebut, tertuang dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 471.13/ 5386/SJ dan Nomor 471.13/ 5387/SJ pada Oktober 2017. 

 

“Kita jemput bola dan mendorong masyarakat untuk perekaman di kecamatan atau Dinas Dukcapil (kabupaten/kota),” lanjutnya. 

 

Selain itu, Ketua DPN Korpri ini juga menegaskan, seluruh pemilih telah masuk dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). 

 

“Hak pilih pemilih Pemilu sudah diakomodasi dalam DP4. Sepanjang sudah ada dalam DP4, nanti tinggal datang ke TPS, bawa surat panggilan atau pemberitahuan memilih,” sambung Prof. Zudan.

 

Menurutnya, selain DP4, Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan KPU akan menjadi dasar penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

 

Meski demikian, penduduk yang belum ada di DPT juga tetap bisa memilih dengan menggunakan Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Dukcapil sesuai domisili. 

 

“Penduduk yang tidak ada di DPT juga tetap boleh mencoblos sesuai alamat dalam Suket atau KTP-el,” jelasnya. Dukcapil***