Ditulis Pada 28 Juni 2018 12:38 WIB

Hari H Pilkada, Prof. Zudan Kawal Hak Pilih Warga di Daerah

 

Jakarta - Kemarin, dalam rangka pemantauan Pilkada Serentak 2018, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh  memastikan tak ada warga yang kehilangan hak politiknya pada gelaran Pilkada.

 

“Kami (Dukcapil,red-) sengaja menyambangi kantor KPU Bali bahwa persiapan untuk Pilkada, Pilgub dan Bupati dan Walikota di Bali berjalan lancar,” ungkap Prof Zudan di Kantor KPU Bali, Rabu (27/06/2018).

 

Kedatangan Zudan  ke Kantor KPU Bali dan Dinas Dukcapil Bali juga menegaskan soal tidak adanya warga yang kehilangan hak konstitusional dalam memilih di pilkada tahun ini. Dukcapil, ditambahkan Zudan, tetap memberikan pelayanan kependudukan di seluruh Indonesia. 

 

"Tak hanya di Bali, sampai hari ini kami masih buka untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan di seluruh Indonesia. Kita buka untuk memberikan pelayanan," terang Zudan.

 

Sementara dukungan pemerintah sudah maksimal, dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada pelaksanaan pilkada serentak mengenai suket dan KTP-el semaksimal mungkin.

 

“Dari hasil koordinasi kami, tak ada masalah dengan hak pilih warga yang di daerahnya dilaksanakan Pilkada serentak. Semua terlayani dengan baik dan memiliki hak politik untuk memilih,” pungkas Zudan. Dukcapil***