Ditulis Pada 17 Oktober 2017 21:52 WIB

Dirjen Salut Urus Dokumen Adminduk di Jayapura Sangat Praktis

Jayapura – Saat berkunjung ke kantor Dinas Dukcapil Kota Jayapura, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh terkesan dengan kepraktisan dan kecepatan pengurusan dokumen kependudukan bagi warga di sana. 

 

Misalnya saja, untuk mengakses penerbitan Akta Kelahiran dan Akta Kematian, warga cukup mendatangi ADM alias Anjungan Dukcapil Mandiri. Perangkat elektronik, layaknya ATM milik perbankan, ini tersedia di beberapa lokasi strategis, terutama di kantor Dinas Dukcapil. 

 

Selain itu, ada pula layanan Nikcapil Kilat (Nikah Catatan Sipil Kilat). Layanan Nikcapil Kilat memberikan pelayanan prima yang cepat, tepat, dan akurat dalam meningkatkan cakupan kepemilikan Akta Perkawinan.

 

“Dinas Dukcapil dan Wali Kota Jayapura Bapak Benhur Tomi Mano, punya komitmen tinggi membangun sistem layanan di Dinas Dukcapil Kota Jayapura”, imbuh Prof. Zudan di sela-sela kunjungan, Jum’at (13/10/2017).

 

Ketua DPN Korpri ini menyaksikan sendiri bagaimana cepatnya mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA). “Hari ini saya menyaksikan pembuatan KK dalam waktu sepuluh menit. Dan pembuatan KIA juga hanya sepuluh menit”, lanjut Prof. Zudan. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Jayapura Merlan S. Uloli mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran Dirjen Dukcapil di instansinya. “Beliau mengapresiasi layanan Dinas Dukcapil Kota Jayapura”, sambung Merlan. Dukcapil***