Ditulis Pada 02 Agustus 2018 15:21 WIB

Capai Perekaman 100%, Bikin KTP-el di Cilegon Hanya 15 Menit

Cilegon – Kota Cilegon mengukir prestasi membanggakan dalam hal perekaman data KTP-el bagi warganya. Hingga saat ini, seluruh warga Kota Cilegon berusia 17 tahun ke atas sudah melakukan perekaman data KTP-el. 

 

Selanjutnya, tinggal menyisir penduduk wajib KTP pemula yang akan memasuki usia 17 tahun. 

 

Selain menuntaskan perekaman data KTP-el, Kota Cilegon juga terbilang cepat dalam proses penerbitan dokumen kependudukan, di antaranya KTP-el. Untuk KTP-el, Dinas Dukcapil setempat hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menyelesaikan seluruh proses penerbitan KTP-el hingga diterima oleh warga. 

 

“Kota Cilegon hanya butuh waktu 15 menit untuk pembuatan KTP-el,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Cilegon Soleh yang mendampingi Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh pada acara Sosialisasi Kebijakan Adminduk #GISA tingkat Kota Cilegon di Hotel Grand Mangku Putra, Kota Cilegon, Kamis (02/08/2018).

 

Dijelaskan oleh Soleh, di Kota Cilegon pelayanan pengurusan KTP-el selama 15 menit sudah dipraktikkan hingga selesai. 

 

Untuk dapat dilayani 15 menit, warga Kota Cilegon harus membawa berkas yang sudah lengkap seperti KK, Kutipan Akta Nikah/Akta Perkawinan bagi penduduk yang belum berusia 17 tahun serta Kutipan Akta Kelahiran ke Dinas Dukcapil Cilegon. 

 

“Setelah selesai perekaman datanya, maka tak sampai 15 menit KTP-el sudah jadi,” terangnya.

 

Setelah menuntaskan perekaman data KTP-el bagi wajib KTP, target perekaman selanjutnya adalah wajib KTP pemula yang sudah berusia 17 tahun maupun yang akan memasuki usia 17 tahun.

 

“April 2019 diperkirakan berusia 17 tahun, sekarang sudah boleh direkam, adapun fisiknya akan diberikan pada usia 17 tahun pas, sehingga hak politiknya terpenuhi,” ungkapnya.

 

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 yang mengatur tentang penerbitan KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya yang harus selesai dalam satu jam. 

 

Permendagri ini sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas penataan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di kantor Presiden pada April 2018 lalu. Rapat terbatas tersebut dihadiri beberapa Menteri Kabinet Kerja, termasuk Mendagri dan Dirjen Dukcapil.

 

GISA Kota Cilegon dicanangkan langsung oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. 

 

Pada kesempatan ini, Prof. Zudan juga berkesempatan menyematkan pin kepada pejuang perwakilan Dinas Dukcapil Kota Cilegon, menyerahkan Kartu Indentitas Anak (KIA) kepada pewakilan anak, serta menyerahkan KTP-el kepada penduduk kepada wajib KTP yang baru memasuki usia 17 tahun. 

 

Selain itu, Prof. Zudan menyaksikan penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Dinas Dukcapil Cilegon dengan OPD di lingkungan Pemkot Cilegon. Dukcapil***