Ditulis Pada 04 Juli 2018 13:18 WIB

Antri Mengular, Banyak Warga Bogor Ganti KTP-el Rusak dan Hilang

Bogor – Pasca lebaran usai, warga Kota Bogor membludak menyambangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berlokasi di Jalan Pandu Raya, Bogor Utara, Kota Bogor. 

 

Antrian mengular sampai ke jalan raya karena banyak warga yang hendak mengurus berbagai dokumen kependudukan di antaranya KTP-el. Sebagian besar dari mereka mengajukan penggantian KTP-el yang sudah rusak dan hilang.

 

“Padatnya kantor Dukcapil sudah mulai terjadi sejak awal Juni lalu hingga awal Juli ini dengan total jumlah sekira 42 ribu orang,” demikian Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor Dody Ahdiat saat paparan dihadapan Wali Kota Bogor Bima Arya di Balaikota Bogor, Selasa (03/07/2018).

 

Jumlah tersebut selain melakukan perekaman KTP-el yakni perubahan data, pindah/datang atau KTP-el nya rusak maupun hilang. Dengan demikian, pekerjaan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Disdukcapil Kota Bogor tidak pernah selesai.

 

Dodi mencatat, yang terbanyak adalah pelayanan terhadap warga yang mengajukan penggantian KTP-el lantaran rusak atau hilang. “Jadi memang didominasi oleh warga yang mengurus KTP-el, khusus untuk warga yang pindah datang, kami hanya memberikan surat keterangan (suket) domisili,” tambah Dodi.

 

Dinas Dukcapil Kota Bogor sudah melakukan kajian agar pelayanan yang dilakukan  bisa tanpa hambatan. Semisal terkendala pada keterbatasan petugas dan alat-alat seperti mesin cetak dan komputer. Dukcapil***