Ditulis Pada 10 Juli 2017 14:57 WIB

79 Daerah Buka Layanan Dokumen Kependudukan Selama Libur Lebaran

Jakarta – Libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah ternyata tidak menyurutkan langkah beberapa daerah untuk membuka layanan dokumen kependudukan. Ada 79 daerah yang setia melayani warganya untuk mengurus dokumen kependudukan selama libur lebaran lalu. 

 

Dari 34 jumlah provinsi, ada 21 provinsi yang membuka layanan. Provinsi-provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau Sumatera Selatan, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua. 

 

Dilihat dari sebaran daerah, terlihat merata di seluruh Indonesia, wilayah barat, tengah dan timur. Bahkan di Provinsi Papua ada satu daerah yang membuka layananan. 

 

Sementara untuk lima besar provinsi yang membuka layanan selama lebaran adalah Jawa Barat 17 daerah, Bali 9 daerah, Sulawesi Selatan 8 daerah, dan DKI Jakarta 6 daerah. Ada tiga daerah yang masuk kategori lima besar, yakni Sumatera Utara, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat masing-masing 4 daerah. 

 

Di DKI Jakarta, Kadis Dukcapil bahkan mengeluarkan instruksi agar loket pelayanan dokumen kependudukan di seluruh RSUD tetap membuka layanan selama libur lebaran. 

 

“Ini adalah contoh baik Dukcapil yang membahagiakan rakyatnya”, ujar Prof. Zudan menanggapi banyaknya daerah yang membuka layanan dokumen kependudukan saat libur Idul Fitri. Dukcapil***