Kemendagri Anugerahi 6 Kategori Penghargaan pada Rakornas Dukcapil di Kota Makassar


2019-02-11 20:57:27

Makassar – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) menganugerahi 6 kategori penghargaan kepada berbagai lembaga berprestasi. Penghargaan tersebut diberikan atas serangkaian dukungan dan loyalitas dalam pengembangan penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Keenam kategori penghargaan tersebut adalah Kategori Dukcapil Bisa, Dukcapil Hebat, Dukcapil Selaras, Mitra Dukcapil, Dukcapil Megabdi, dan Kategori Khusus.

“Enam jenis penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari kami pada berbagai lembaga yang turut serta membantu dan penuh komitmen dalam penyelenggaraan layanan Adminduk,” kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, di Four Points Hotel, Makassar, Kamis (07/2/2019).

Mewakili Mendagri, Zudan menyerahkan langsung penghargaan-penghargaan tersebut kepada 20 lembaga pusat dan daerah.

Penghargaan Dukcapil kategori Dukcapil Bisa diberikan kepada Kepala Dinas Dukcapil Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Kota Sawahlunto atas capaian tertinggi penerbitan Akta Kelahiran, perekaman KTP-el, kualitas pelayanan, inovasi dan kinerja Kepala Dinas.

Kategori Dukcapil Hebat diberikan kepada Bupati Musi Banyuasin, Pahri Azhari, atas pengembangan inovasi dan besarnya dukungan kepala daerah dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan Adminduk.

Adapun penghargaan kategori Dukcapil Selaras diberikan pada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy, atas pemanfaatan NIK sebagai Nomor Induk Siswa di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Supanto, dan Country Director Indonesia and Timor-Leste The World Bank, Rodrigo A. Chaves, didaulat sebagai Mitra Dukcapil atas peran aktif dan konsisten dalam mendukung program Adminduk.

Tujuh Kepala Dinas Dukcapil juga diberikan penghargaan dengan kategori Dukcapil Mengabdi atas dukungan dan peran aktif dalam pengembangan SDM di bidang Adminduk.

“Tujuh Kadis (Kepala Dinas) tersebut yaitu Kadis Kota Surakarta, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Wonogiri,” rinci Zudan.

Adapun kategori terakhir, yaitu Kategori Khusus, diberikan pada 6 pejabat yang terdiri dari pejabat kementerian, badan, dan eksekutif daerah.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, diberikan penghargaan atas dukungan dan komitmen terhadap pelayanan Admiduk di luar negeri.

Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoli, diberikan penghargaan atas dukungan dan komitmen terhadap penyelenggaraan perekaman massal KTP-el di Lapas dan Rumah Tahanan seluruh Indonesia.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Hammam Riza, diberikan penghargaan atas dukungan dan komitmen terhadap pengembangan sistem Adminduk.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Djoko Setiadi, juga diberi penghargaan atas komitmen pengamanan sistem Adminduk.

“Tak lupa, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, selaku tuan rumah juga diberikan penghargaan khusus, juga Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, atas penetapan 15 Nagari sebagai Desa sadar Adminduk,” tutup Zudan. Dukcapil***