VISI

Tertib Administrasi Kependudukan dengan Pelayanan Prima menuju Penduduk Berkualitas Tahun 2015

MISI

  1. Mengembangkan kebijakan dan sistem serta menyelengarakan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil untuk menghimpun data kependudukan, menerbitkan identitas dan mensyahkan perubahan status dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan.
  2. Mengembangkan dan memadukan kebijakan pengelolaan informasi hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sehingga mampu menyediakan data dan informasi kependudukan secara lengkap, akurat dan memenuhi kepentingan publik dan pembangunan.
  3. Mengembangkan pranata hukum, kelembagaan serta peran serta masyarakat yang mendukung proses pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi kependudukan guna memberikan kepastian dan perlindungan sesuai hak-hak penduduk.
  4. Merumuskan kebijakan pengembangan kependudukan yang serasi, selaras dan seimbang antara jumlah/pertumbuhan, kualitas serta persebaran dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan.
  5. Menyusun perencanaan kependudukan sebagai dasar perencanaan dan perumusan pembangunan nasional dan daerah yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan penduduk.
Berita Photo
Kamis, 16 Februari 2012
MENDAGRI RESMIKAN PELAYANAN TERPADU ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
Dalam rangkaian kujungan kunjungan kerjanya di Sumbar beberapa waktu lalu, telah berkenan meresmikan Pelayanan Terpadu Administrasi Kependudukan di Bukit Tinggi.
Berita Photo Lainnya
Jumat, 31 Agustus 2012
Ahmad Yusuf Kepala Satuan Pelaksanaan Kependudukan dan Penatatan Sipil Kelurahan Kampung Melayu menunjukkan sejumlah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang siap dibagikan ke warga di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Kamis (30/8/2012). Sebanyak lebih dari 16 ribu E-KTP telah selesai dari 18296 orang yang mendaftar E-KTP di Kelurahan Kampung Melayu.
Selasa, 17 April 2012
Sumatera Selatan provinsi pertama yang merampungkan proses perekaman Kartu Tanda Oenduduk Elektronik (e-KTP) di Indonesia. Untuk prestasi ini, Menteri Dalam Negeri RI, Gamawan Fauzi menyerahkan penghargaan Pemerintah Pusat atas komitmen dan kerja keras Provinsi Sumatera Selatan dalam menyukseskan program nasional tersebut. Piagam penghargaan itu diserahkan langsung kepada Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, Ketua DPRD Sumsel Wasista Bambang Utoyo dan 15 Bupati/Walikota didampingi Ketua DPRD dan Kadisdukcapil se-Sumsel. Penyerahan penghargaan ini disaksikan rombongan Komisi II DPR RI dipimpin Ganjar Pranowo serta sekitar 300 Camat se-Sumatera Selatan. Kata Mendagri dalam sambutannya, ada banyak fungsi e-KTP. Selain administrasi kependudukan juga berguna untuk membantu kerja pihak kepolisian dalam mengindentifikasi pelaku tindak kriminal. “Kalau data penjahat ada di kepolisian. Tapi kalau data calon penjahat, nah itu ada di ada banyak fungsi e-KTP. Selain administrasi kependudukan juga berguna untuk membantu kerja pihak kepolisian dalam mengindentifikasi pelaku tindak kriminal. “Kalau data penjahat ada di kepolisian. Tapi kalau data calon penjahat, nah itu ada di Kemendagri", lanjutnya.
Rabu, 14 Maret 2012
Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi dalam kunjungan kerjanya di Kota Medan, Sumut Senin, 12 Maret 2011 berkesempatan menyerahkan tujuh Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang sudah selesai kepada tujuh orang wajib KTP di Kota Medan. Direncanakan target penyelesaiannya pada akhir Desember 2012, seluruh KTP elektronik akan diserahkan khususnya kepada daerah yang sudah selesai melakukan perekaman data sebanyak 100 persen. "Hingga akhir Desember 2012 akan diserahkan seluruh KTP yang sudah selesai khususnya kepada daerah yang sudah berhasil merekam data semua wajib KTP. Hingga April 2012 target perekaman data sudah dilakukan oleh 67 juta wajib KTP. Dari data yang saya peroleh dua hari lalu, sudah 48 juta wajib KTP berhasil melakukan perekaman data," kata Mendagri Gamawan Fauzi di Kecamatan Medan Helvetia didampingi oleh Plt Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho dan Walikota Medan Rahudman Harahap.
Senin, 05 Maret 2012
Di tengah kesibukannya sebagai orang nomor satu di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo ditemani istrinya, Sri Hartati Fauzi Bowo, masih bisa menyempatkan diri datang ke Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, untuk membuat KTP elektonik atau e-KTP. “Saya hari ini berkesempatan menjalankan kewajiban saya sebagai warga Jakarta, yaitu memenuhi panggilan untuk pendataan e-KTP. Ternyata prosesnya cukup teliti dan hanya sebentar,” katanya, Sabtu (3/3). Usai melakukan perekaman data dirinya, Fauzi juga berkesempatan langsung memberikan kartu fisik e-KTP kepada 8 warga Kelurahan Gondangdia. Sebelum menerima kartu, warga tersebut melakukan sidik jari di atas alat bernama Smart Card Reader. Alat tersebut langsung memverifikasi data si pemilik sidik jari, jika sudah benar maka langsung mengaktifkan e-KTP tersebut dari data Kementerian Dalam Negeri (Kemandagri) melalui hologram.
Senin, 05 Maret 2012
Untuk diketahui, kabupaten Bogor berpenduduk 4,8 juta orang dengan wajib KTP 3,4 juta orang. Kecamatan Gunung Putri sendiri memiliki wajib KTP sebanyak 292 ribu orang. Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, Jumat (24/2) siang, menjalani proses input data untuk kepentingan pembuatan E-KTP. Selain itu, Edhie Baskoro dan Aliya Rajasa juga ikut membuat E-KTP. Tak ketinggalan, tetangga SBY yang juga Menkopolhukam, Djoko Suyanto, memanfaatkan momen tersebut. "Kalau masih ada yang malsu, kebangetan. Eh, kurang ya?" celetuk Presiden ketika sidik jarinya kurang ditekan dan mesin meminta pengulangan. Presiden dan Ibu Negara pun menyelesaikan prosesnya hingga pukul 14.45 WIB.
Kamis, 23 Februari 2012
Beberapa hari lalu (minggu malam 19 Februari 2012) Menteri Dalam Negeri membuka Rakernas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2012 bertempat di Hotel Red Top, Jakarta Pusat. Rakernas tersebut bertemakan "Penerapan e-KTP dan Pencatatan Sipil Akan Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Publik". Disela-sela Rakernas tersebut Menteri Dalam Negeri, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada 10 besar Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dinilai mempunyai rekor tertinggi dalam perekaman data e-KTP per hari. Disamping itu juga Sekjen Kementerian Dalam Negeri juga menyerahkan secara simbolis e-KTP yang telah selesai pencetakannya mewakili Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil seluruh Indonesia.
Jumat, 17 Februari 2012
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyerahkan secara simbolis kepada warga masyarakat Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Bukit Tinggi Sumbar. Penyerahan KTP Elektonik tersebut dilakukan dalam rangkaian kunjungan kerja di provinsi kelahirannya yaitu Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu.
Kamis, 16 Februari 2012
Dalam rangkaian kujungan kunjungan kerjanya di Sumbar beberapa waktu lalu, telah berkenan meresmikan Pelayanan Terpadu Administrasi Kependudukan di Bukit Tinggi.
Selasa, 14 Februari 2012
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi saat melantik Ir.Irman Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, dan beberapa pejabat eselon I dan II di Kantor Kemendagri, Jalan Makam Kalibata Jakarta Selatan, Senin (13/2/2012). Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi berpesan kepada para pejabat dilingkungan Kementeriaan Dalam Negeri harus cekatan dan tepat dalam menanggapi permasalahan yang ada dimasyarakat. Seperti halnya proses pendataan e-KTP kepada seluruh warga negara Republik Indonesia yang masih berlangsung sampai saat ini. Sumber : photo okezone
Selasa, 14 Februari 2012
Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi beberapa waktu lalu menyerahkan e-KTP kepada seorang warga Kota Jayapura . Penyerahan e-KTP tersebut dilakukan secara simbolis sebagai awal permulaan perekaman data e-KTP bagi warga di beberapa kecamatan di Kota Jayapura. Penyerahan e-KTP tersebut dilakukan Mendagri dalam rangkaian kunjungan kerja di Kota Jayapura Papua untuk memantau pelaksanaan e-KTP.
Copyright © 2002 - 2011, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Hak Cipta Dilindungi Undang-undang.
KEMENTERIAN DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA, Jakarta, Indonesia