Ditulis Pada 14 Desember 2017 02:13 WIB

Utamakan Kepuasan, Dukcapil Tangsel Sediakan Ragam Fasilitas

Tangerang Selatan - Kepuasan dan kenyamanan pelanggan merupakan hal yang menjadi prioritas Dinas Dukcapil Kota Tangerang Selatan dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan. 

 

Kepuasan dan kenyamanan tersebut tergambar dari ragam fasilitas yang disediakan, mulai dari pintu masuk ada dua petugas front office yang dengan sabar menjelaskan syarat dan prosedur pengurusan dokumen kependudukan kepada masyarakat. 

 

Di sana juga tersedia fasilitas layanan cek KTP-el dan mesin pengambilan nomor antrian yang juga dipandu oleh petugas. 

 

Masuk lebih dalam, terlihat ruang tunggu yang cukup luas dengan kursi-kursi yang tertata dipenuhi oleh masyarakat. Di bagian pelayanan, terdapat setidaknya delapan loket yang masing-masing dijaga oleh petugas pelayanan dengan seragam batik berwarna coklat. 

 

Begitulah gambaran yang terpantau Tim Media Dukcapil saat menyambangi kantor Dinas Dukcapil Kota Tangerang Selatan, Kamis (14/12/2014). 

 

“Selain menggunakan nomor antri seperti bank, kami juga ada ruang bermain anak untuk orang tua yang membawa buah hatinya. Ada juga ruang Laktasi, untuk ibu menyusui”, jelas salah satu Pejabat Administrator Dinas Dukcapil Kota Tangsel Heru Sudarmanto saat Tim Media Dukcapil bertandang di ruang kerjanya. 

 

Jelas saja, ragam fasilitas tersebut dirasa menambah kenyamanan bagi masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan. 

 

Dari pantauan Tim Media Dukcapil, di ruang bermain anak tampak anak-anak sedang asyik berlarian dan bercanda gurau. Sementara di ruang Laktasi terlihat masih sepi. 

 

“Iya, ruang Laktasi memang sepenuhnya belum berfungsi. Masih dalam tahap perbaikan untuk kenyamanan masyarakat”, sambung Anasi yang merupakan Kasubbag Umum dan Kepegawaian. 

 

Meski fasilitas-fasilitas tersebut sudah tersedia, Dinas Dukcapil Tangerang Selatan tentu perlu terus melakukan perbaikan pelayanan. Dunia berubah, kebutuhan dan tuntutan masyarakat juga terus berubah. Setidaknya untuk meminimalisir adanya warga yang mengalami kendala dalam prosedur pengurusan. 

 

“Kemarin saya datang untuk mengurus Akta Kematian tapi ternyata persyaratannya belum lengkap. Makanya saya datang lagi hari ini semoga saja sudah lengkap persayaratannya”, ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya. Ia mengaku berasal dari Cengkareng untuk mengurus Akta Kematian kakaknya. 

 

Sementara itu, Agus yang berasal dari Bambu Apus mengaku bahwa Akta Kelahiran anaknya tidak bisa jadi dalam sehari pengurusan. Informasi yang didapatnya dari petugas ia dikasih waktu maksimal 14 hari kerja.

 

“Tidak bisa langsung jadi. Katanya maksimal 14 hari kerja baru bisa diambil lagi”, jelas Agus. Meski demikian, Agus tidak perlu datang ke kantor pelayanan setiap saat untuk menanyakan apakah Akta Kelahirannya sudah jadi atau belum. 

 

“Iya nanti akan diinfokan melalui SMS”, jelasnya. 

 

Dan SMS Gateway adalah salah satu inovasi layanan Dinas Dukcapil Kota Tangerang Selatan untuk menginformasikan setiap dokumen kependudukan yang diurus oleh warganya. Dukcapil***