Ditulis Pada 06 Juli 2018 14:16 WIB

Target 90%, RSUD-Dinas Dukcapil Sleman Kerjasama Pelayanan Akta

Sleman - RSUD Sleman Jawa Tengah menggandeng Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama. Kerjasama ini akan memudahkan warga mendapatkan Akta Kelahiran dan Akta Kematian langsung di RSUD.

 

“Kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk pelayanan akta kelahiran dan akta kematian berbasis online,” kata Kepala Dinas Dukcapil Sleman Jazim Sumirat di Sleman, Kamis (05/07/2018).

 

Jazim menjelaskan pelayanan akta kelahiran dapat diberikan secara langsung untuk pasien yang baru melahirkan di RSUD Sleman. 

 

Menurutnya data kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun di Kabupaten Sleman mencakup 86,94% pada akhir Juni 2018.

 

“Target kami tahun ini adalah 90%, sehingga masih diperlukan upaya untuk mempercepat peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran anak,” terang Jazim.

 

Kerjasama yang sudah ditandatangani diharapkan lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat, dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan serta kualitas pelayanan kesehatan.

 

Selain merupakan amanat Undang-Undang Adminduk, percepatan layanan Akta Kelahiran juga merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran. Dukcapil***