Ditulis Pada 10 Agustus 2017 11:12 WIB

Situpat, Layanan Integrasi Dokumen Kependudukan Dukcapil Bantul

Bantul – Untuk memberi kemudahan kepada warga mendapatkan dokumen kependudukan, Ditjen Dukcapil terus mendorong daerah untuk menerapkan layanan terintegrasi dokumen kependudukan. Layanan ini memberi kepastian kepada warga untuk mendapatkan beberapa dokumen kependudukan sekaligus dalam sekali pengajuan/permohonan.

 

“Ini akan saya dorong terus agar seluruh Dinas Dukcapil melakukan layanan terintegrasi tahun ini”, imbau Prof. Zudan baru-baru ini.

 

Bak gayung bersambut, layanan ini diwujudkan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul dalam satu program yang disebut “SITUPAT”. 

 

Apa itu Situpat? 

 

Situpat adalah singkatan dari Siji Entuk Papat. Program ini sekaligus memberikan 4 dokumen kependudukan dalam sekali pengajuan, yakni NIK, KK, Akta Kelahiran, dan KIA.

 

Caranya, setelah semua persyaratan lengkap langsung datang ke Dinas Dukcapil. Hanya dalam waktu sekitar 30 menit, 4 dokumen kependudukan tersebut akan didapatkan. 

 

Layanan terintegrasi sudah digarap sejak tahun 2016 lalu oleh kabupaten/kota. Hingga saat ini, sudah ada 233 kabupaten/kota yang sudah menerapkannya.  

 

Layanan terintegrasi ini tersebar di 30 provinsi. Masih ada 4 provinsi yang belum menerapkannya, yaitu Kalbar, Papua Barat, NTB, dan NTT. Dukcapil***