Ditulis Pada 19 Juli 2018 14:45 WIB

Ramah dan Cantiknya Petugas Dukcapil Jember di Roxy Mall Square

Jember – Ramah dan tampil cantik, begitulah penampilan para petugas pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Dinas Dukcapil Kabupaten Jember. Mereka bukan pegawai biasa. Mereka tampil cantik dan ganteng untuk membuat nyaman warga yang mengurus dokumen kependudukan. 

 

Penampilan para petugas ini merupakan bagian dari brand Galeri Pelayanan Dinas Dukcapil di Roxy Mall Square Jember. Selain untuk menarik minat warga, hal ini juga merupakan pesan langsung dari Bupati Jember Faida. 

 

Galeri pelayanan ini diresmikan oleh Bupati Jember Faida pada 24 Desember 2017 lalu. Pelayanan ini merupakan layanan tambahan, karena pelayanan di kantor Dinas Dukcapil tetap dilaksanakan seperti biasa. 

 

Bedanya, layanan di galeri buka setiap hari bahkan di hari libur dan tanggal merah. Dibuka pada jam 10.00 pagi hingga 21.00 malam. Sementara di kantor Dinas Dukcapil melayani di hari dan jam kerja. 

 

Setiap hari, galeri pelayanan Dukcapil ini bisa melayani lebih dari 600 layanan terkait KTP-el, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA, dan dokumen kependudukan lainnya. 

 

Untuk memenuhi tingginya minat warga, pelayanan yang dibuka setiap hari hingga jam 9 malam ini dibagi dalam dua shif, pagi dan malam. Shif pagi melayani warga dari pukul 10.00 sampai 16.00 WIB, sementara shif malam dari jam 16.00 sampai 21.00 WIB.

 

Terkait pakaian yang dikenakan, para petugas yang didominasi perempuan ini kompak memakai pakaian lengan panjang warna putih, berdasi merah dengan corak khas batik asli Jember. 

 

Seragam mereka sengaja dibuat portable dan sewaktu-waktu bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan pelayanan. 

 

Sebagaimana umumnya pelayanan Dukcapil, pelayanan di Roxy Mall Jember ini juga tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Layanan di mall ini sebelumnya berawal dari tawaran sinergitas dari pengelola mall. 

 

Melalui layanan sinergitas dengan pusat perbelanjaan, terbukti tidak hanya mampu mendongkrak jumlah pengunjung mal, tapi juga meningkatkan minat warga mengurus dokumen kependudukan. Dukcapil***