Ditulis Pada 21 Desember 2017 21:31 WIB

Prof. Zudan: Tahun 2018 Ditjen Dukcapil Bisa Gerak Cepat

Jakarta – Mengevaluasi kinerja tahun 2017, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah mengaku sudah semakin memahami bagaimana mengurai beberapa kendala yang kerap dihadapi lembaga yang dipimpinnya. 

 

Menurutnya, perekaman dan pencetakan KTP-el merupakan masalah yang kerap terjadi. Meskipun output pelayanan administrasi kependudukan ada 22 output, perekaman dan pencetakan KTP-el masih mendominasi. 

 

“Namun tahun ini sudah bisa mulai kita urai satu-satu. Oleh karena itu, di tahun 2018 proses pengadaan blangko KTP-el sudah bisa mulai lebih awal”, urai Prof. Zudan pada acara penyerahan POK tahun 2018 dan penandatanganan perjanjian kinerja Ditjen Dukcapil di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

 

Secara serapan anggaran, Dirjen Dukcapil mengaku masih perlu dioptimalkan. Namun dari segi pelaksanaan fisik kegiatan relatif lebih baik. Meski demikian, di tahun 2018 Prof. Zudan menginginkan jajarannya bisa berkinerja jauh lebih baik lagi. 

 

“Tahun depan saya ingin jauh lebih baik lagi. Jadi tahun 2018 kita bisa gerak secepat-cepatnya”, lanjutnya. 

 

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk bergerak lebih cepat menurutnya dimulai dengan menyelesaikan grand desain penataan administrasi kependudukan di akhir tahun 2017. 

 

Untuk itu, masukan-masukan yang membangun sangat diperlukan untuk menuntaskan grand desain tersebut. 

 

“Di setiap kesempatan saya selalu mengatakan bahwa Dukcapil Bisa. Bisa itu artinya Berkarya, penuh Inisiatif dan Inovasi, Sabar, Semangat, serta Amanah dan Akurat. Jadi di Dukcapil itu apapun kita harus bisa”, pekik Prof. Zudan penuh semangat. 

 

Selain itu, Prof. Zudan menyemangati jajarannya untuk memotivasi diri membangun pelayanan yang membahagiakan rakyat. Salah satu caranya memberikan pelayanan terintegrasi, seperti layanan 3 in 1 atau 4 in 1. 

 

“Karunia terbesar tahun ini adalah kita menutup tahun 2017 dalam keadaan sehat wal’afiat. Puji syukur kita akan mengakhiri tahun 2017 dan menuju tahun baru 2018. Semoga tahun depan bertambah berkah dan bertambah semangat”, pungkasnya. Dukcapil***