Ditulis Pada 09 Juli 2018 17:46 WIB

Prof. Zudan di Harganas Pastikan Nikah Massal Sah Secara Negara

Jakarta – Menikah adalah momen yang sakral bagi setiap orang, termasuk bagi semua suku dan agama di Indonesia. Akan tetapi, kesakralan sebuah pernikahan hanya akan menjadi sempurna jika dilengkapi dengan dokumen pernikahan yang lengkap dari lembaga/instansi yang berwenang. 

 

Itulah tujuan utama kehadiran Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mewakili Mendagri pada puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 tahun 2018 yang dipusatkan di Kompleks Megamas, Manado, Sulawesi Utara (Sulut) pada Sabtu tanggal 07 Juli 2018. 

 

“Dengan dokumen kependudukan yang lengkap, maka pernikahan 57 pasangan yang menikah di acara nikah massal Harganas kemarin menjadi sah secara agama maupun negara,” ujar Prof. Zudan di Jakarta, Senin (09/07/2018).

 

Puncak perayaan Harganas salah satunya dimeriahkan dengan kegiatan nikah massal yang diikuti oleh 57 pasangan suami/istri. Prof. Zudan ditugaskan Mendagri untuk memastikan Dinas Dukcapil menerbitkan Akta Perkawinan, KTP-el, dan KK guna mendukung sukses Harganas. 

 

“Langsung dilakukan penyerahan paket Akta Perkawinan, KK dan KTP-el oleh Menteri PPPA Yohana Yambise kepada pasangan menikah”, lanjut Zudan.

 

Zudan menambahkan selain nikah massal, puncak perayaan Harganas juga diserahkan 200 keping KTP-el kepada warga oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. 

 

Dari jumlah tersebut, ada 58 penduduk yang mendapatkan KTP-el karena sudah menginjak usia 17 tahun, sekaligus menjadi hadiah ulang tahun yang ke-17 baginya. 

 

Selain Menteri PPPA Yohana Yambise, hadir juga di acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. Dukcapil***