Ditulis Pada 08 Desember 2017 13:50 WIB

Prof. Zudan Ajak Jajaran Dukcapil Bekerja Sistematis dan Terukur

Jakarta – Menyikapi berbagai perkembangan dan dinamika yang terjadi di akhir tahun 2017, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengajak jajaran Dukcapil seluruh Indonesia untuk terus bekerja lebih sistematis dan terukur. 

 

Selain itu, soliditas dan solidaritas juga menjadi perhatian Prof. Zudan untuk terus dibina guna memperkuat persatuan bagi jajarannya.   

 

“Saya minta kita semua mari menambah soliditas dan solidaritas serta bekerja lebih sistematis dan terukur”, pungkas Prof. Zudan melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jum’at (08/12/2017).

 

Seperti tahun sebelumnya, Prof. Zudan terbiasa memberi motivasi kepada jajarannya setiap memasuki akhir tahun anggaran serta menghadapi tahun baru yang akan segera tiba. 

 

Menurutnya, jajaran Dukcapil dari pusat sampai daerah sudah bekerja keras dan optimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terutama memastikan setiap penduduk terpenuhi haknya dalam bidang administrasi kependudukan.  

 

“Rekan-rekan sudah bekerja sangat keras”, lanjutnya.

 

Selain itu, Dirjen Dukcapil juga mengajak jajarannya untuk aktif menyampaikan capaian-capaian serta inovasi pelayanan kepada masyarakat, baik langsung maupun menggunakan media sosial. Hal ini untuk memberi pemahaman dan kemudahan informasi kepada masyarakat.

 

“Silakan gunakan facebook, twitter, instagram, whatsapp untuk mengkampanyekan inovasi, program dan capaian masing-masing”, imbuhnya. 

 

Beberapa hal yang bisa disampaikan kepada masyarakat di antaranya terkait pelayanan semua dokumen kependudukan tidak dipungut biaya atau gratis. 

 

“Jika ada Pungli silakan laporkan kepada pihak berwajib atau melalui layanan call center pusat dan daerah masing-masing”, tegas Ketua DPN Korpri ini.

 

Pengurusan Akta Kelahiran pun menurutnya sudah semakin mudah dan cepat. 

 

“Pengurusan Akta Kelahiran sekarang lebih cepat dan mudah. Bisa 1 jam selesai. Syaratnya foto copy KTP-el kedua orang tua, copy surat nikah, copy KK, dan surat keterangan lahir dari dokter/RS”, Prof. Zudan menambahkan. 

 

“Saya minta kita semua kompak bergerak bersama.  Maju serentak tentu kita menang”, tutup mantan Plt. Gubernur Gorontalo ini. Dukcapil***