Ditulis Pada 27 Desember 2017 13:18 WIB

Peringati Hari Ibu, Dukcapil Samarinda dan Balikpapan Buka Layanan KTP-el

Samarinda dan Balikpapan – Dalam rangka memperingati Hari Ibu dan Calon Ibu, Dinas Dukcapil Kota Samarinda dan Balikpapan menyelenggarakan layanan rekam cetak KTP-el bagi masyarakat yang belum memiliki KTP-el.

 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 23 sampai 24 Desember 2017. Untuk masyarakat Kota Samarinda, layanan ini dibuka di Lapangan Tepian Karang Asam. Sementara di Kota Balikpapan di Lapangan Merdeka. 

 

Layanan rekam cetak KTP-el merupakan kerjasama antara Dinas Dukcapil Kota Samarinda dan Balikpapan dengan anggota Komisi II DPR Hetifah Sjaifudian dan Ombushman RI. 

 

Selain rekam cetak KTP-el, kegiatan yang diramaikan ragam lomba ini juga digunakan masyarakat untuk menyampaikan berbagai keluhan dan pengaduan terkat layanan administrasi kependudukan. 

 

Sekretaris Ditjen Dukcapil, I Gede Suratha turut hadir menyampaikan sambutan dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. I Gede Suratha menyampaikan optimis dapat menyelesaikan sisa target pencetakan KTP-el.

 

“Saya optimis rekan-rekan dapat menyelesaikan sisa target pencetakan KTP-el. Target tersebut akan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 3 bulan”, imbuh I Gede Suratha.

 

Sementara anggota DPR RI Hetifah Sjaifudin menyambut positif langkah keterpaduan lembaga untuk menyelesaikan pemenuhan hak masyarakat agar memiliki identitas kependudukan. 

 

Kesempatan yang sama, anggota Ombushman RI Ninik Rahayu menyatakan, KTP-el merupakan kartu sakti yang tidak sama dengan kartu-kartu lain yang dimiliki penduduk. 

 

“Karena dapat dijadikan dasar bagi warga negara untuk memperoleh pelayanan-pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, keluarga sejahtera, dan lain-lain”, ujar Ninik.

 

Selanjutnya, Kepala Dinas Dukcapil Kota Balikpapan dan Samarinda sama-sama menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, layanan seperti ini harus terus digalakkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 

 

Tujuannya selain untuk tertib administrasi kependudukan, juga agar masyarakat menjadi senang dan bahagia dengan layanan Dukcapil. Dukcapil***