Ditulis Pada 23 Juli 2018 13:43 WIB

Percepat Layanan Adminduk, Daerah Buka Layanan Sabtu Minggu

Tangerang/Tanah Bumbu – Terpantau dari Ruang Pelayanan Dinas Dukcapil Kota Tangerang yang berada di Cikokol, hari libur kembali dimanfaatkan warga untuk pengurusan dokumen kependudukan. Warga yang umumnya menyambangi kantor pelayanan Dinas Dukcapil adalah mereka yang bekerja penuh waktu serta tak sempat datang di hari kerja.

 

“Sejak satu bulan terakhir, kami membuka layanan di Sabtu-Minggu, agar mempermudah warga yang mengurus dokumen kependudukan,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan, Minggu (22/07/2018).

 

Petugas yang stand by, Erlan melanjutkan, sebanyak 15 personel. “Kami minta petugas untuk melayani semua kebutuhan warga. Semua bisa selesai dalam satu hari, bila berkas yang dibawa lengkap,” terangnya.

 

Dinas Dukcapil Kota Tangerang akan terus melayani dengan memberikan kemudahan serta kesempatan kepada masyarakat yang tak bisa mengurus pada jam kerja.

 

Di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pun terlihat warga yang mendatangi Dinas Dukcapil setempat mengurus dokumen kependudukan.

 

“Pelayanannya juga sudah berjalan selama satu bulan, namun baru bisa hari Sabtu hingga pukul. 13.00 siang,” kata Sekretaris Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanah Bumbu Murhansyah.

 

Ditambahkan, selama ini banyak pekerja yang tak bisa datang ke Dinas Dukcapil karena terkendala kesibukan dihari kerja. Namun sekarang sudah tak ada alasan, pelayanan tetap dibuka akhir pekan.

 

“Untuk memaksimalkan, rencananya kami akan buka hingga Sabtu malam. Hanya saja masih terkendala tempat pelayanan, dan proses kelengkapannya,” tutur Murhansyah.

 

Helmi, warga Batulicin mengatakan puas dengan pelayanan urus KTP di hari libur ini. "Selain agak santai, karena dihari biasa agak sulit mengatur waktunya,” ucap Helmi. Dukcapil***