Ditulis Pada 23 September 2013 16:49 WIB

Pemprov DKI Akan Terus Benahi Sistem Kependudukan

JAKARTA — Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Utara Edison Sianturi mengungkapkan pelaksanaan layanan kependudukan baik KTP keliling (Elektronik KTP Mobile) maupun Kartu Keluarga (KK) akan terus digencarkan. Sebab, masih banyak warga yang mengantongi KK zaman dulu (sudah lapuk) dan KK dari bahan kertas karton.

“Layanan ini akan terus kami giatkan untuk mendukung pembenahan sistem kependudukan. Kita juga akan lakukan penggantian KK warga yang sudah tua. Kita akan buat program dalam waktu dekat,” ungkap Edi saat membuka layanan KTP Mobile di RW05, Kelurahan Tanjung Priok, Sabtu (8/6).

Edi memaparkan pergantian KK ini sangat ditunggu masyarakat mengingat kebutuhan KK untuk melengkapi persyaratan administrasi dalam setiap urusan sangat tinggi.

“Sekarang KK dibuat sudah sangat praktis menggunakan kertas tipis dan gampang digunakan. Dulu pakai kerta karton, jadi cukup repot juga membawanya kalau mau difotocopi.”

Sementara itu pelayanan KTP mobile juga merupakan program unggulan pemerintah DKI Jakarta. Pelayanan KTP jemput bola di lokasi itu cukup unik apalagi dihadiri Tokoh Pemuda Aspirasi DKI Jakarta Aryo Djojohadikusumo yang ikut memantau langsung layanan KTP mobile.

Pada kesempatan itu juga diserahkan akte kelahiran dan KTP regular secara gratis pada warga yang tidak mampu. Langkah itu sebagai bentuk layanan jemput bola yang terus dikembangkan Pemprov DKI Jakarta. 

Sedangkan dalam layanan yang berlangsung mampu menjaring warga yang mengurus perpanjangan KTP sebanyak 23 unit, E-KTP sebanyak 37 unit, Kartu Keluarga (KK) sebanyak 22 unit dan akte kelahiran sebanyak 15 buah.