Ditulis Pada 31 Juli 2017 15:47 WIB

Mendagri Lantik Pejabat Untuk Penyegaran dan Peningkatan Kinerja

Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo hari ini, Senin (31/07/2017) melantik dan merotasi para pejabat struktural. Hal ini dilakukan untuk penyegaran dan peningkatan kinerja lembaga. Para pejabat yang dilantik dan dirotasi merupakan Pejabat Pimpinan Tinggi (Eselon II) dan Pejabat Administrator (Eselon III) di lingkungan Kemendagri di BNPP. 

 

Beberapa pejabat merupakan pejabat sementara (Plt.) Seperti halnya Plt. Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) pada Ditjen Dukcapil yang dijabat Heru Tjahyono. 

 

Direktur PIAK sebelumnya dijabat oleh Muh. Masduki yang saat ini sudah memasuki masa purna tugas (pensiun). Selain itu, Ditjen Dukcapil juga kedatangan satu Pejabat Eselon II definitif, yakni Akhmad Sudirman Tavipiyono yang menjabat sebagai Direktur Pencatatan Sipil. 

 

Pada kesempatan ini, Mendagri melantik setidaknya 45 pejabat definitif dan 9 pelaksana tugas (Plt.). Sebagian besar mereka sudah menduduki jabatan sebelumnya lebih dari 2,5 tahun sehingga perlu dirotasi dan pengakatan jabatan agar terjadi peningkatan kinerja. 

 

“Ini baru tahap pertama. Tahap berikutnya sudah ada 30 orang, termasuk eselon 3 dan 4 lagi,” kata Tjahjo usai pelantikan. 

 

Pelantikan pejabat sementara menurut Mendagri merupakan terobosan agar pelayanan publik dan pemerintah daerah tidak terhenti. Hal ini dilakukan mengingat pelantikan pejabat definitif dari Eselon III menjadi Eselon II membutuhkan proses yang panjang, salah satunya tahap fit and proper test. 

 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo menyampaikan, jabatan adalah amanah dan kepercayaan. Karenanya, setiap saat seorang pejabat harus bekerja optimal, dan harus ikhlas jika ada rotasi atau pergantian. 

 

“Pelantikan ini adalah tahap awal dirangkai mutasi dan rotasi akan datang. Setiap tahun evaluasi”, tutupnya. Dukcapil***