Ditulis Pada 24 Januari 2018 18:06 WIB

Layanan Bagus, Prof. Zudan Ajak Daerah Lain Mencontoh Bandarlampung

Bandarlampung – Bertandang ke Kota Bandarlampung jadi pengalaman berharga bagi Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. 

 

Dari sekian banyak daerah yang dikunjunginya, Prof. Zudan menilai layanan administrasi kependudukan di kota ini menjadi salah satu yang patut ditiru daerah lain. 

 

“Ini saya kira tempat layanan yang lebih bagus dan daerah lain bisa mencontoh”, pungkas Ketua DPN Korpri ini di Gedung Pelayanan Administrasi Satu Atap, Bandarlampung, Senin (22/01/2018).

 

Berdasarkan pengamatannya, pelayanan KTP-el, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian oleh petugas bisa dilayani dalam satu hari langsung jadi. Hal ini menurutnya karena data penduduk yang bersangkutan sudah ada dalam database kependudukan. 

 

“Ini tempat pelayanan yang bagus. Ini juga masyarakatnya sangat antusias”, puji mantan Plt. Gubernur Gorontalo ini. 

 

Meski sudah bagus, Prof. Zudan juga mengajak jajaran Dinas Dukcapil Kota Bandarlampung untuk terus memperbaiki layanan, terutama terkait kecepatan dan kapasitas layanan. 

 

Untuk itu, belajar dari daerah lain seperti Kota Bogor dan Balikpapan bisa menjadi alternatif untuk belajar agar pelayanan lebih cepat lagi, dan jumlah pencetakan KTP-el bisa diperbanyak lagi. 

 

“Kota Bogor dan Balikpapan karena sehari mesinnya bisa cetak sampai seribu. Saya yakin sehari disini bisa nyetak sampai 5 ribu karena ada printnya”, tandas Prof. Zudan. Dukcapil***