Ditulis Pada 10 Juli 2018 14:21 WIB

Launching GISA, Dukcapil se-Sumsel Buka Layanan KTP-el

Palembang – Untuk meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk), Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan melaunching Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dijadwalkan akan melaunching langsung GISA Sumsel pada Rabu tanggal 11 Juli 2018 besok. 

 

Selain launching GISA, juga akan dibuka pelayanan Adminduk untuk memudahkan masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan terutama identitas KTP-el. Layanan Adminduk melibatkan 17 Dinas Dukcapil kabupaten/kota se-Sumsel dan akan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 11 sampai 13 Juli 2018 pada pukul 08.00 sampai 16.00 di Asrama Haji Palembang. 

 

Sementara itu, Ditjen Dukcapil turut membantu kelancaran pelayanan dengan menyediakan personil teknis, perangkat pelayanan, jaringan komunikasi data, serta penyediaan blangko KTP-el. 

 

Pelayanan KTP-el tidak hanya bisa dinikmati oleh penduduk Sumsel, tapi juga seluruh penduduk Indonesia yang berasal dari daerah lain. Untuk menjamin kelancaran pelayan, akan dibuka setidaknya 17 gerai layanan yang siap membantu masyarakat mendapatkan identitas KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya. 

 

Semua kendala terkait KTP-el akan dilayani selama pelaksanaan GISA. Mulai dari perekaman data KTP-el baru, perubahan elemen data, penggantian KTP-el hilang atau rusak, serta penggantian Surat Keterangan Pengganti KTP-el (Suket) dengan fisik KTP-el. 

 

Untuk penduduk yang sudah melakukan perekaman dan sudah mendapatkan Suket dari Dinas Dukcapil, silakan menyertakan foto copy Kartu Keluarga (KK), dan Suket.  

 

Jika KTP-el hilang, selain copy KK, juga harus dilengkapi dengan Surat Keterangan hilang dari kepolisian. Bagi penduduk yang KTP-elnya rusak, silakan menyiapkan foto copy KK serta copy dan fisik KTP-el yang rusak. 

 

Sementara bagi penduduk yang belum pernah melakukan perekaman data KTP-el, terutama bagi wajib KTP pemula, perekaman data bisa dilakukan cukup dengan menyertakan foto copy KK. 

 

Khusus untuk perekaman baru tidak bisa diwakilkan karena akan dilakukan perekaman secara langsung dengan penduduk yang bersangkutan.

 

Untuk diketahui, GISA merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran semua pihak, masyarakat, pemerintah, dan lembaga pengguna akan pentingnya tertib administrasi kependudukan. 

 

Selain itu juga akan pentingnya update data kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan untuk semua urusan, serta pentingnya melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat bahagia. Dukcapil***