Ditulis Pada 27 November 2017 21:54 WIB

Korpri Expo 2017, Ditjen Dukcapil Buka Layanan KTP-el

Jakarta – Rangkaian HUT Korpri ke-46 tahun ini dimeriahkan dengan beragam kegiatan, salah satunya adalah Korpri Expo 2017. 

 

HUT Korpri yang mengangkat tema “Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa” tahun ini menggelar Korpri Expo selama empat hari pada tanggal 26 sampai 29 November 2017 di Lapangan Ditjen Dukcapil Kemendagri Jl. Raya Pasar Minggu Km. 19 Jakarta Selatan.

 

Ditjen Dukcapil memanfaatkan momen ini untuk membuka stand layanan KTP-el bagi warga DKI Jakarta dan luar DKI Jakarta. 

 

Tidak seperti layanan sebelumnya di TMII Jakarta Timur, kali ini stand KTP-el hanya melayani pengajuan pencetakan KTP-el bagi penduduk yang data KTP-elnya sudah siap cetak (print ready record) dalam database kependudukan nasional. 

 

Artinya, warga yang ingin melakukan perekaman data KTP-el dan perubahan elemen data tidak bisa dilayani, dan dipersilakan mengajukan ke kantor Dinas Dukcapil sesuai domisili. 

 

Selain itu, bagi warga dan pengunjung yang ingin mengetahui status data KTP-elnya bisa dilakukan di stand ini. Petugas akan melaklukan pengecekan data dengan menginput NIK, nama, atau dengan sidik jari atau iris mata. Hanya dalam waktu beberapa detik, data seseorang akan langsung diketahui. 

 

Hasil pantauan Tim Media Dukcapil, di stand layanan KTP-el sudah tersedia dua kotak besar hampir setinggi orang dewasa. Kedua kotak tersebut diberi tanda warna yang berbeda, warna merah dan putih. 

 

Kotak warna merah digunakan untuk mengumpulkan berkas pengajuan pencetakan KTP-el bagi warga domisili DKI Jakarta, sementara kotak warna putih untuk pengajuan cetak KTP-el warga domisili luar DKI Jakarta. 

 

Jadi, warga yang mengajukan cetak KTP-el cukup memasukkan berkasnya ke dalam kotak yang sesuai, sementara pengambilan KTP-el yang sudah dicetak akan diinformasikan kemudian kepada warga melalui nomor HP/telepon yang ditulis pada berkas pengajuan.

 

Dalam proses pencetakan dan pembagian KTP-el yang sudah jadi, Ditjen Dukcapil akan bekerjasama dengan Dinas Dukcapil DKI Jakarta sebagai instansi pelaksana pelayanan administrasi kependudukan di wilayah DKI Jakarta. Dukcapil***