Ditulis Pada 19 Juli 2018 14:25 WIB

Kemendagri Launching GISA dan Fasilitasi Layanan KTP-el di Sultra

Kolaka Timur – GISA atau Gerakan Indonesia Sadar Adminduk merupakan sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan kesadaran semua pihak (pemerintah, masyarakat, kementerian/lembaga) akan pentingnya tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk). Sadar Adminduk dimulai dari tingkat keluarga, desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. 

 

Bertempat di Kabupaten Kolaka Timur, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil dalam waktu dekat akan melakukan pencanangan (launching) GISA Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Pencanangan GISA ini menandai dimulainya gerakan sadar Adminduk di seluruh kabupaten/kota se-Sultra. 

 

GISA Sultra direncanakan akan dicanangkan langsung oleh Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh. Para bupati/walikota, kepala Dinas Dukcapil, pejabat provinsi, serta pimpinan lembaga/instansi terkait se-Sumsel dijadwalkan hadir pada kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2018 awal pekan depan ini. 

 

Selain pencanangan GISA, Ditjen Dukcapil juga akan memfasilitasi pelayanan KTP-el selama tiga hari pada tanggal 23 sampai 25 Juli 2018. Layanan KTP-el akan melibatkan 17 Dinas Dukcapil se-Sultra. Setidaknya 17 loket akan dibuka untuk melayani pengurusan KTP-el bagi warga Sultra dan luar Sultra. 

 

Pelayanan dilaksanakan oleh instansi pelaksana pelayanan Adminduk, yaitu Dinas Dukcapil Kabupaten Kolaka, Konawe, Muna, dan Buton, Konawe Selatan, Bombana, Wakatobi, Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton Utara, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Muna Barat, Buton Tengah, Buton Selatan, Kota Kendari, dan Kota Bau Bau. 

 

Sementara itu, Ditjen Dukcapil turut membantu kelancaran pelayanan dengan menyediakan personil teknis, perangkat pelayanan, jaringan komunikasi data, serta penyediaan blangko KTP-el.  

 

Semua kendala terkait KTP-el akan dilayani selama pelaksanaan GISA. Mulai dari perekaman data KTP-el baru, perubahan elemen data, penggantian KTP-el hilang atau rusak, serta penggantian Surat Keterangan Pengganti KTP-el (Suket) dengan fisik KTP-el.  

 

Untuk penduduk yang sudah melakukan perekaman dan sudah mendapatkan Suket dari Dinas Dukcapil, silakan menyertakan foto copy Kartu Keluarga (KK), dan Suket.  

 

Jika KTP-el hilang, selain copy KK, juga harus dilengkapi dengan Surat Keterangan hilang dari kepolisian. Bagi penduduk yang KTP-elnya rusak, silakan menyiapkan foto copy KK serta copy dan fisik KTP-el yang rusak.  

 

Sementara bagi penduduk yang belum pernah melakukan perekaman data KTP-el, terutama bagi wajib KTP pemula, perekaman data bisa dilakukan cukup dengan menyertakan foto copy KK.  

 

Khusus untuk perekaman baru tidak bisa diwakilkan karena akan dilakukan perekaman secara langsung dengan penduduk yang bersangkutan. 

 

Untuk diketahui, GISA merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran semua pihak, masyarakat, pemerintah, dan lembaga pengguna akan pentingnya tertib administrasi kependudukan.  

 

Selain itu juga akan pentingnya update data kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan untuk semua urusan, serta pentingnya melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat bahagia. Dukcapil*** 

 

NB:

Informasi terakhir terkait pencanangan GISA dan layanan KTP-el di Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara ditunda pelaksanaannya sampai waktu yang belum ditentukan. Untuk kepastian kegiatan tersebut, silakan pantau terus berita dan informasi di website kami. Terima kasih.