Ditulis Pada 04 Mei 2018 18:13 WIB

Kemendagri All Out Dukung KPU Mutakhirkan Data Pemilih

Bandar Lampung – Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan all out dan full support KPU untuk memutakhirkan data pemilih Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. 

 

Demikian Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh katakan saat pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Jum’at (04/05/2018).

 

Hadir di acara tersebut Pejabat Sementara (Pjs.) Gubernur Lampung Didik Suprayitno, serta Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Lampung Ahmad Zainuddin. 

 

“Dukcapil akan full all out untuk KPU, sehingga Dukcapil dan KPU terus berjalan beiringan”, kata Prof. Zudan.

 

Selain itu, Zudan menekankan pentingnya memahami batas kewenangan antar lembaga. Ia mensuport penuh kewenangan KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu melalui pemutakhiran data pemilih. 

 

“Dalam batas koridor kewenangan masing-masing. Koridor ini menjadi penting, karena penyelenggara adalah KPU dan Bawaslu, sementara Dukcapil siap full support terhadap KPU untuk pemutakhiran data pemilih” lanjut Zudan.

 

Karenanya, Dinas Dukcapil tidak boleh ikut serta dalam tahapan penyelenggara Pemilu seperti menambah daftar pemilih, mengurangi jumlah pemilih, atau mencoret daftar pemilih. 

 

“Karena ini bertentangan dengan Undang Undang Pemilu, Undang Undang Pilkada serta Undang Undang Adminduk”, tegas Zudan.

 

Sementara itu, Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno mengatakan belum semua penduduk sadar akan pentingnya tertib administrasi kependudukan, terutama pentingnya memiliki KTP-el.

 

Hal ini terbukti dengan banyaknya warga Lampung yang berada di luar daerah, namun secara administrasi kependudukan masih merupakan warga Lampung. Jika tertib, sudah seharusnya warga mengurus pindah domisili ke Dinas Dukcapil sebelum meninggalkan daerah asalnya. 

 

Melalui GISA dan pelayanan gabungan Dinas Dukcapil se-Lampung, ia berharap akan meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya tertib Adminduk. 

 

“Dan GISA ini menjadi sangat penting dan strategis,” tutupnya.

 

Selain pencanangan GISA yang ditandai dengan penekanan sirine bersama dan pemotongan pita, Dirjen Dukcapil dan Pjs. Gubernur berkesempatan menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan kepada perwakilan warga. 

 

Prof. Zudan juga memantau langsung pelayanan KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya hasil kolaborasi Dinas Dukcapil se-Lampung hingga 5 Mei mendatang. Tidak lupa Zudan berbincang-bincang dengan warga untuk mendengarkan saran masukan perbaikan pelayanan. Dukcapil***