Ditulis Pada 08 Mei 2017 18:25 WIB

Kemen-PAN Apresiasi Inovasi Layanan Adminduk “Oase Sahabat Hati”

Tanah Datar – Tim Panelis Penilai Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 Kementerian PAN dan RB mengapresiasi inovasi yang digagas Dinas Dukcapil Kabupaten Tanah Datar. 

 

Apresiasi ini diberikan tim panelis yang terdiri dari para akademisi, peneliti, dan praktisi yang diketuai JB Krstiadi sebagai penghargaan terhadap Dinas Dukcapil Tanah Datar yang telah menghadirkan inovasi layanan publik yang disebut Oase Sahabat Hati. 

 

Inovasi pelayanan administrasi kependudukan ini mengusung komitmen Online Anywhere Service, Satu Hari Banyak Tempat, dan Harapan Terpenuhi, atau yang disingkat Oase Sahabat Hati. 

 

Siti Zuhro, Peneliti LIPI, salah satu anggota tim menyampaikan, Kabupaten Tanah Datar telah melahirkan beberapa inovasi dalam pelayanan publik. “Termasuk Program ini (Oase Sahabat Hati) sangat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat. Pemda Tanah Datar dinilai proaktif memberikan pelayanan”, ucap Zuhro di hadapan anggota tim yang lain, baru-baru ini. 

 

Zuhro mengimbau agar Dinas Dukcapil tidak merasa puas diri dengan apa yang sudah diraih saat ini. “Mudah-mudahan bisa terus dikembangkan dan disempurnakan lebih baik lagi”, lanjutnya. 

 

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Dukcapil, Elizabeth mengaku puas dengan hasil kerja jajarannya, dan akan terus melalukan pembenahan dan perbaikan. Menurutnya, program Oase Sahabat Hati telah memberi dampak pada peningkatan animo masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. 

 

“Efisensi waktu, tenaga dan biaya pengurusan, menutup peluang percaloan”, jelas Elisabeth. 

 

Sebagai komitmen perbaikan layanan, Elisabeth optimis inovasi layanan ini akan semakin baik sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil yang lokasinya cukup jauh bagi sebagian masyarakat. “Cukup hanya sampai ke kantor Walinagari, dan semua dokumen kependudukan yang dibutuhkan bisa diterbitkan”, tambahnya.

 

Sementara itu, Ditjen Dukcapil Kemendagri terus memotivasi jajaran Dukcapil seluruh Indonesia untuk menghadirkan inovasi layanan guna mempermudah masyarakat mengakses hak atas dokumen kependudukan. 

 

Beberapa inovasi layanan yang saat ini terus didorong adalah layanan jemput bola (mobile), layanan Salam 15 Menit atau Salam 30 Menit, layanan online (daring), dll. Dukcapil***