Ditulis Pada 06 Juli 2018 14:27 WIB

Jelang Ajaran Baru, Warga Pangkalpinang Ramai Urus Akta Kelahiran

Jakarta - Jelang ajaran baru masuk sekolah, warga ramai-ramai urus Akta Kelahiran untuk anak mereka. Di Kota Pangkalpinang, Kantor Dinas Dukcapil sudah terlihat ramai dikunjungi warga sejak pagi pada Jum'at (06/07/2018).

 

Selain Akta Kelahiran, juga banyak warga yang mengurus Surat Keterangan Pindah dan Datang (SKPWNI), baik yang akan tinggal di Kota Pangkalpinang maupun warga yang hendak pindah keluar Kota Pangkalpinang.

 

“Yang paling banyak biasanya pindah/datang kemudian akta kelahiran, karena anaknya mau masuk sekolah baru,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang Armada.

 

Dijelaskan Armada, pelayanan di Dinas Dukcapil meningkat terutama pasca lebaran, berbenturan dengan persyaratan pencalonan legislatif dan pelayanan KTP-el.

 

“Kami harapkan kepada masyarakat untuk melengkapai pelbagai persyaratan, agar dokumennya dapat terselesaikan dengan cepat,” ujarnya.

 

Masyarakat, menurutnya dapat mengikuti aturan yang ada, serta bagi pihak sekolah harus bisa memberikan tenggat waktu agar proses penerimaan siswa didik baru dimudahkan.

 

Untuk mempercepat target kepemilikan Akta Kelahiran, Dinas Dukcapil juga bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk membuat Akta Kelahiran langsung di sekolah. Prosedurnya, pihak sekolah menyurati Dinas Dukcapil untuk melakukan pelayanan Akta Kelahiran bagi para siswa dan warga sekitar. Dukcapil***