Ditulis Pada 03 April 2017 17:30 WIB

Jajaran Dukcapil Semakin Dekat dengan Masyarakat

Jakarta - Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh Warga Negara Indonesia merupakan salah satu wujud nyata perwujudan cita-cita bangsa sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

 

Pelayanan bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu hak konstitusional warga negara yang harus dipenuhi oleh negara. Karenanya, pemenuhan hak tersebut bagi setiap warga negara harus tersedia dengan mudah, murah dan merata tanpa diskriminatif dengan mengedepankan pelayanan yang inovatif dan kreatif. Salah satu caranya adalah memanfaatkan teknologi informasi, terutama dalam hal menyampaikan informasi, menerima masukan, dan menindaklanjuti keluhan masyarakat.

 

Di bidang administrasi kependudukan, pemanfaatan teknologi informasi menjadi semakin penting jika dihadapkan pada kondisi geografis Indonesia yang begitu beragam dan bercirikan kepulauan. Wilayah Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Ndana, yang di dalamnya tersebar 34 provinsi, 514 kabupaten/kota, dan 17.504 pulau besar dan kecil, menguatkan keyakinan akan arti pentingnya pemanfaatan teknologi informasi. 

 

Bagi jajaran Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu media komunikasi dan koordinasi bukanlah hal baru. Dirjen Dukcapil Kemendagri telah lama menginisiasi serta menerapkannya baik untuk berkomunikasi dengan jajaran Ditjen Dukcapil Kemendagri, maupun untuk membangun jaringan dan koordinasi yang intensif dengan jajaran Dukcapil di seluruh Indonesia.

 

Kurang dari sebulan bertugas selaku Dirjen Dukcapil, tepatnya tanggal 24 Juli tahun 2015 lalu, Prof. Zudan memerintahkan jajarannya untuk membentuk Group Whatsapp di lingkungan Ditjen Dukcapil, serta men-share alamat whatsapp pribadinya kepada jajaran Dukcapil yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Berbagai informasi berkaitan dengan pelayanan, sosialisasi kegiatan, sampai penyampaian keluhan, masukan, dan penyelesaian masalah dapat disampaikan secara cepat dan terbuka. Sadar atau tidak, pemanfaatan teknologi informasi ini telah membangun komitmen bersama dan soliditas yang tinggi di antara keluarga besar Dukcapil pusat dan daerah guna menghadirkan pelayanan terbaik, serta mendekatkan diri selaku pelayan dengan yang dilayani, yakni masyarakat Indonesia.

 

Dengan langkah ini, ribuan keluhan masyarakat di bidang administrasi kependudukan, mulai dari masalah pengurusan akta kelahiran sampai kematian, permasalahan terkait identitas seperti KTP-el dan blanko KTP-el, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, serta pemanfaatan data kependudukan dapat dikomunikasikan dan sebagian besar dapat diatasi dengan baik.

 

Kini, Prof. Zudan mengajak para Kadis, Karopem Provinsi dan Kadis Dukcapil kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk men-share nomor HP/whatsapp kepada masyarakat, sehingga dapat berkomunikasi langsung terkait dengan pelayanan bidang administrasi kependudukan. "Hal ini akan sangat berguna untuk membantu masyarakat memperoleh informasi yang cepat dan tepat dari Ibu dan Bapak sekalian. Masyarakat pasti sangat bahagia bila mempunyai saluran yang tepat untuk bertanya dan berkonsultasi terkait masalah Dukcapil", ungkap Prof. Zudan.

 

Saat ini, sebanyak 450 pejabat yang menangani Adminduk kabupaten/kota sudah bersedia memberikan nomor HP/whatsapp-nya untuk di-share sehingga dapat lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan layanan terbaik secara cepat dan akurat. Jumlah ini akan terus kami update secara berkala sampai tersedia nomor HP/whatsapp pejabat Adminduk kabupaten/kota seluruh Indonesia.

 

Jika masyarakat memerlukan dokumen kependudukan, ingin memberi saran atau umpan balik, serta mengalami kesulitan dalam mengurus dokumen kependudukan, dapat men-download serta menghubungi nomor di bawah ini.

 

Download Nomor HP/Whatsapp Pejabat Dukcapil Seluruh Indonesia (Per 03-04-2017)

 

Bagi para Karopem serta Kadis Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota yang belum tercantum nama dan nomor HP/whatsapp serta bersedia di-share (termasuk jika ada kekeliruan nama/gelar, perubahan nama pejabat atau nomor HP/whatsapp), silakan kirim pesan melalui alamat email atau whatsapp Tim Media Dukcapil Kemendagri berikut:

 

E-mail:

simpul.dukcapil@gmail.com

Khusus Whatsapp (Bukan SMS/Telp, Bukan Pengaduan):

081578826063 (Zainudin)

Format Pengiriman Pesan Silakan Ketik:

Nama Provinsi/Kabupaten/Kota (Spasi) Jabatan (Spasi) Nama Lengkap dan Gelar (Spasi) Nomor HP Whatsapp

 

Layanan Khusus Pengaduan & Aspirasi:

Web Pengaduan: www.sapa.kemendagri.go.id

Email: sapa@kemendagri.go.id

Kotak Pengaduan: Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat 10110

Telp.: (021)-3450038, 3842021, 3843222

Faks.: (021)-3842021, 3843222

Facebook: Sapa Kemendagri

Twitter: @sapa_kemendagri

SMS: 0811191162

Kunjungi Juga Media Sosial Kami:

Facebook: www.facebook.com/dukcapilkemendagri

Youtube: Dukcapil KDN

Twitter: @DukcapilKDN

Path: Dukcapil KDN

Instagram: dukcapilkdn

 

(Dukcapil***)