Ditulis Pada 04 Mei 2018 17:40 WIB

Gelar Kalteng Quality Expo, Layanan Dukcapil Dipadati Warga

Kapuas – Kalteng Quality Expo 2018 yang digelar Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Kapuas dipadati warga yang mengurus dokumen kependudukan, seperti KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran serta dokumen lainnya. 

 

Layanan dokumen kependudukan kolaborasi Dinas Dukcapil se-Kalteng merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi Kependudukan (Adminduk) melalui Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). 

 

Layanan Dukcapil yang dibuka pada 02 sampai 06 Mei ini bukan hanya untuk warga Kalteng, tapi juga untuk seluruh penduduk Indonesia yang berada di sana. 

 

“Antusias warga cukup baik, dibuktikan dengan animo warga yang datang pada Expo ini untuk melakukan perekaman dan cetak KTP-el”, kata Kepala Dinas Dukcapil Kalteng Ruseni di Kapuas, Jum’at (04/05/2018). 

 

Tim Media Dukcapil yang terjun ke lokasi layanan melihat langsung animo masyarakat. Menghadapi warga yang berdatangan, Tim Pelayanan daerah yang dibantu oleh Ditjen Dukcapil berbagi tugas. 

 

Ada bertugas memberi info kepada warga, ada juga yang mengumpulkan berkas pengajuan, dan menertibkan warga. Sementara perekaman dan pencetakan langsung ditangani oleh petugas pelayanan Dinas Dukcapil sebagai instansi pelaksana. 

 

“Kami melayani perekaman sekitar 250 orang perhari, sedangkan untuk pencetakan KTP-el mencapai 1.100 keping per hari”, lanjut Ruseni.

 

Tingginya pencetakan dikarenakan banyak warga Kalteng dan luar Kalteng yang datang membawa Surat Keterangan Pengganti KTP-el. 

 

Surat keterangan tersebut sebagai bukti warga sudah merekam tapi belum mendapatkan fisik KTP-el di daerah asalnya. Selain itu, banyak juga yang mencetak ulang karena hilang atau rusak. 

 

Terpisah, Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Sipie S. Bungai mengatakan pihaknya sudah melengkapi masing-masing stand pelayanan Dinas Dukcapil kabupaten/kota dengan alat perekaman dan pencetakan sebanyak 8 pasang. 

 

“Dengan adanya kegiatan ini akan mempercepat proses perekaman dan pencetakan KTP-el di wilayah Kalteng”, tutup Sipie. Dukcapil***