Ditulis Pada 31 Juli 2018 11:20 WIB

Gelar Bantul Expo 2018, Dinas Dukcapil Layani KTP-el dan KIA

Bantul – Bantul Expo 2018 tengah digelar di Pasar Seni Gabusan (PSG) Jl. Parangtritis Km 7 Sewon, Bantul, Yogyakarta. 

 

Agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka merayakan hari jadi Kabupaten Bantul yang ke-187 ini dimanfaatkan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul untuk membuka layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk). 

 

Beberapa layanan Adminduk seperti rekam cetak KTP-el atau Surat Keterangan Pengganti KTP-el (Suket), cetak Kartu Identitas Anak (KIA), dan legalisir dokumen kependudukan bisa dinikmati warga Bantul hingga penutupan expo pada tanggal 6 Agustus 2018 mendatang. 

 

Mulanya, stand pelayanan Dinas Dukcapil hanya melayani pengajuan berkas penerbitan KTP-el dan KIA. Akan tetapi, tingginya minat warga Bantul memotivasi jajaran Dinas Dukcapil untuk dapat melayani perekaman sekaligus pencetakan KTP-el dan KIA. 

 

Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh warga Bantul, yang dibuktikan dengan tingginya minat warga mengunjungi stand layanan Dinas Dukcapil. Sejak dibuka pelayanan pada pukul 08.00 hingga penutupan stand pukul 22 malam, stand Dinas Dukcapil tidak pernah sepi pengunjung.

 

Layanan KTP-el dan KIA Dinas Dukcapil di Bantul Expo 2018 merupakan bagian dari inovasi layanan Moro Lega yang sudah dilaksanakan sejak November 2017. 

 

Moro Lega atau Mobil Operasional Layanan Adminduk Efektif sekaligus Akurat merupakan layanan Adminduk jemput bola kepada warga dengan mobil khusus yang dilengkapi peralatan perekaman KTP-el beserta pencetakan dokumen kependudukan. 

 

Program inovasi Moro Lega ini dilaunching oleh Bupati Bantul Suharsono pada tanggal 15 November 2017 di Balai Desa Sumberagung Jetis. 

 

Program ini bermaksud mendekatkan pelayanan Adminduk kepada masyarakat serta percepatan erekaman KTP-el serta penerbitan dokumen kependudukan lainnya. 

 

Selain Moro Lega, Bantul juga memiliki inovasi layanan Adminduk lainnya seperti Cekatan atau layanan Cetak KTP-el Tanpa Antri. Selain Cekatan, juga ada inovasi layanan beberapa dokumen kependudukan sekaligus dalam satu kali permohonan yang disebut Situpat (Siji Entuk Papat). 

 

Inovasi lainnya adalah layanan Kaperu (KTP-el Baru Untuk Penganten Baru), Moro Lega (Mobil Operasional Layanan Adminduk Efektif sekaligus Akurat), dan Aksi Simpati (Akta Kematian Sehari Jadi). 

 

Sebelumnya, Bantul Expo 2018 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo mewakili Gubernur DIY Sri Sultan HB X pada Jum'at (27/07/2018).

 

Kegiatan Bantul Expo 2018 merupakan event tahunan dimana instansi-instansi baik pemerintah maupun swasta untuk mengekspos produk/layanannya, di antaranya pameran, lomba stand, bursa penjualan, pentas seni dan hiburan, serta wahana permainan anak. Peserta expo adalah seluruh OPD se-Bantul, instansi vertikal di se-Bantul, perbankan se-Bantul, kantor kecamatan se-Bantul dan organisasi binaan pemerintah (Dekranasda dan lain-lain).

 

Hingga hari penutupan nanti, Bantul Expo 2018 dibuka pada pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Dukcapil***