Ditulis Pada 04 Desember 2017 19:26 WIB

Dukcapil Nunukan Lengkapi Anak di Perbatasan dengan Dokumen Adminduk

Nunukan –  Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan dan pemenuhan atas hak sebagai warga negara, Dinas Dukcapil Kabupaten Nunukan menyasar pemenuhan dokumen kependudukan di tapal batas Indonesia Malaysia, Jum’at (24/11/2017). 

 

Selain sebagai wujud pemenuhan atas hak kependudukan, layanan yang menyasar anak TKI yang menetap dan bersekolah di tapal barat Kecamatan Sebatik Tengah ini sekaligus untuk menjamin pengakuan dan penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami anak-anak. 

 

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Nunukan, R. Iwan Kurniawan yang turut serta dalam pelayanan didampingi Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, Muhammad Rizal, menyerahkan langsung Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran kepada anak TKI melalui Kepala Sekolah, Suraidah.

 

Sekolah ini dibangun memang diperuntukan bagi anak-anak TKI yang bekerja di Sebatik Malaysia.

 

Sebelumya, anak-anak TKI yang bekerja di kebun-kebun sawit Malaysia tidak dilengkapi dokumen kependudukan. 

 

Anak-anak ini biasa menempuh perjalanan lintas negara dengan berjalan kaki dari Begosong, Malaysia menuju sekolah yang berada di Kecamatan Sebatik Tengah, Indonesia. 

 

Namun saat ini, Sekolah Tapal Batas telah menyediakan asrama untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan pendidikan. Dukcapil***