Ditulis Pada 20 Desember 2017 15:21 WIB

Ditjen Dukcapil Raih Penghargaan Terkait Registrasi Kartu Prabayar

Jakarta – Mewakili Dirjen Dukcapil, Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel Le Meriden, Jakarta, Rabu (20/12/2017). 

 

Penghargaan tersebut terkait partisipasi Ditjen Dukcapil dalam mensukseskan program registrasi kartu prabayar bagi pelanggan jasa telekomunikasi. 

 

“Selamat kepada Bapak Mendagri, Dirjen Dukcapil dan Ditjen Dukcapil yang dalam dua hari berturut-turut mendapatkan penghargaan bergengsi dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kominfo”, pungkas Sekretaris Ditjen Dukcapil usai menerima penghargaan tersebut.

 

Dalam hal registrasi kartu prabayar, Ditjen Dukcapil telah menandatangani kerjasama pemanfaatan data kependudukan, NIK, dan KTP-el dengan Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo pada 18 Desember 2015. 

 

Kerjasama tersebut dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) sebagai tindak lanjut MoU antara Kemendagri dengan Kominfo Nomor: 471.12/300/SJ dan Nomor: 32/M.Kominfo/HK.03.02/01/2013. MoU ini dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2013 silam.

 

Kerjasama Ditjen Dukcapil dan Kominfo sebagai langkah teknis pelaksanaan verifikasi registrasi pelanggan kartu prabayar. 

 

Untuk itu, semua pelanggan kartu prabayar diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu prabayar melalui pencocokan NIK dan nomor KK. 

 

Registrasi bisa melalui SMS, website online, maupun dengan mengunjungi galery masing-masing operator.

 

Pelanggan kartu prabayar diberi waktu mulai 31 Oktober 2017 sampai 28 Februari 2018. Jika tidak melakukan registrasi, kartu prabayar akan terblokir secara bertahap mulai 31 Maret 2018. 

 

Jika belum registrasi juga, maka akan terblokir secara total pada 15 April 2018.

 

“Sukses Dukcapil, sukses kita semua, Amiin”, tutup Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha. Dukcapil***