Ditulis Pada 10 Agustus 2018 15:26 WIB

Ditjen Dukcapil Meriahkan Jalan Sehat HUT RI di Monumen Nasional

Jakarta – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73 tahun 2018 dimeriahkan melalui beragam kegiatan oleh jajaran Kementerian Dalam Negeri. 

 

Hari ini, Jum’at (10/08/2018) pagi pukul 06.30 WIB seluruh unsur di lingkungan Kemendagri, termasuk Ditjen Dukcapil, mengikuti gerak jalan sehat. Jalan sehat dihadiri langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo dan para pejabat eselon I Kemendagri termasuk Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. 

 

Jalur yang ditempuh dimulai di lapangan silangan Monumen Nasional (Monas) mengarah ke Stasiun Gambir dan berakhir di Plaza Kemendagri. 

 

Sepanjang jalur jalan sehat yang diiringi dengan atraksi marching band dari Praja IPDN ini dipenuhi jajaran Kemendagri dengan mengenakan pakaian seragam olah raga bernuansa merah putih.

 

Setiba di Plaza Kemendagri, seluruh peserta berkumpul untuk menikmati santapan makanan ringan dan sarapan pagi. Tampak hadir para pejabat eselon I dan II lingkup Kemendagri. Hadir pula Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha dan para Direktur. 

 

Di Plaza Kemendagri dimeriahkan beragam lomba, di antaranya lomba balap karung, joget balon berpasangan, lari kelereng, dan tarik tambang. 

 

Peringatan HUT RI ke-73 di lingkungan Kemendagri sudah berlangsung sejak awal Agustus 2018. 

 

Berbagai kegiatan dilaksanakan seperti olahraga (bola volly, basket, bulu tangkis, futsal, tenis meja), seni (menyanyi, paduan suara, tarian kreasi dinamis, stand up comedy), dan pengembangan SDM (karya tulis, kebersihan lingkungan kerja, keteladanan karyawan, pidato). 

 

Selain itu, juga diadakan Baksos (sumbangan dan layanan kesehatan kepada Legiun Veteran), lomba hiburan (jalan sehat, kelereng, balap karung, tarik tambang, joget balon), serta pemecahan rekor Muri catur masal dan catur simultan. 

 

Puncak perayaan HUT RI lingkup Kemendagri akan dirayakan melalui malam tasyakuran tanggal 24 Agustus 2018. Pada malam tasyakuran ini akan dibagikan hadiah untuk para pemenang kegiatan dan lomba. 

 

Selain diikuti oleh jajaran Kemendagri, kegiatan dan lomba juga melibatkan lembaga lain seperti bola volly antar Kemendagri dan BNPP melawan TNI, Polri, Komisi II DPR, Ombushman, dan Persatuan Wartawan Kemendagri. Dukcapil***