Ditulis Pada 23 November 2017 15:09 WIB

Dirjen Dukcapil Imbau Jajaran Tuntaskan Pencetakan KTP-el

Jakarta - Memastikan tercapainya target-target pelayanan, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menghimbau jajaran Dukcapil untuk ngebut dalam pelayanan administrasi kependudukan. Hal ini disampaikan Prof. Zudan mengingat tahun 2017 akan segera berakhir. 

 

Target pertama yang menjadi perhatian Dirjen Dukcapil adalah terkait penuntasan pencetakan KTP-el, khususnya terkait data KTP-el dengan status siap cetak atau PRR (print ready record). 

 

“Mohon rekan-rekan utamakan cetak PRR ini agar segera habis. Kita ngebut cetaknya, ibarat balapan, gas pol rem blong, super ngebut”, ajak Prof. Zudan melalui keterangan tertulis kepada Tim Media Dukcapil, Kamis (23/11/2017). 

 

Selain itu, Prof. Zudan juga memberi perhatian khusus agar masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan secara cepat dan lancar. 

 

“Layanan terintegrasi 3 ini 1, layanan tanpa permohonan dan program Semedi semoga bertambah lancar”, pungkasnya.

 

Layanan 3 in 1 adalah layanan terintegrasi yang saat ini mulai dikembangkan dalam pelayanan administrasi kependudukan di sejumlah daerah. Hanya dengan sekali permohonan, misalnya permohonan Akta Kelahiran, warga akan mendapatkan tiga dokumen kependudukan sekaligus. Di beberapa daerah, juga ada yang sudah menerapkan layanan 4 in 1

 

Selain Akta Kelahiran, juga akan mendapatkan Kartu Identitas Anak untuk si buah hati, dan Kartu Keluarga yang diperbarui dengan penambahan anak yang baru lahir. 

 

Dalam hal kecepatan, Dirjen Dukcapil mendorong kabupaten/kota untuk berlomba melayani dengan secepat-cepatnya. Ada daerah yang mampu menerbitkan dokumen kependudukan dalam satu hari atau yang dikenal dengan Semedi (Sehari Mesti Jadi). 

 

Ada juga daerah yang bisa lebih cepat dari itu, misalnya hanya 30 menit (Salam 30 Menit), 20 menit (Salam 20 Menit), atau 15 menit (Salam 15 Menit).

 

“Yuk kita selesaikan tugas-tugas kita hari ini penuh ikhlas dan bahagia. Do’a saya selalu, kesehatan, keberkahan dan kebahagiaan untuk rekan-rekan semua. Pekerjaan lancar ditunaikan dan membuat rakyat bahagia. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa merahmati kita semua”, tutup Prof. Zudan menyemangati. Dukcapil***