Ditulis Pada 03 Januari 2018 16:38 WIB

Dirjen Dukcapil Awali 2018 dengan Pelantikan Pejabat Pengawas

Jakarta – Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh kembali melantik Pejabat Pengawas (Eselon IV) di Ditjen Dukcapil, Jakarta, Selasa (02/01/2017). Kegiatan pelantikan dilanjutkan dengan pengarahan awal tahun 2018 oleh Dirjen Dukcapil. 

 

Dari enam orang pejabat yang dilantik, dua di antaranya mendapat promosi dari Jabatan Fungsional Umum menjadi Pejabat Pengawas. Sementara empat lainnya dirotasi/mutasi pada jabatan baru. 

 

Dalam sambutannya, Prof. Zudan menyampaikan bahwa promosi dan mutasi sangat diperlukan oleh sebuah organisasi pemerintah untuk menempatkan seseorang pada jabatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan organisasi. 

 

“Penyegaran staf melalui promosi dan mutasi juga merupakan amanat langsung Pak Mendagri untuk perbaikan organisasi”, jelas Prof. Zudan. 

 

Menurutnya, tidak hanya pejabat yang perlu penyegaran. Staf yang belum menduduki jabatan struktural juga perlu dilakukan penyegaran, terutama staf yang sudah menempati suatu bidang/bagian dalam waktu yang relatif lama. 

 

Hanya saja, lanjutnya, penempatan harus menyesuaikan dengan kondisi staf serta lingkungan barunya. 

 

Untuk memahami kondisi staf, Prof. Zudan mengibaratkan penempatan staf seperti menempatkan buah-buahan dalam suatu wadah. 

 

Durian misalnya, hanya cocok ditempatkan bersamaan dengan buah yang memiliki karakter fisik yang sama-sama keras, misalnya dengan buah kepala.

 

“Apa jadinya kalau buah durian ditempatkan bersamaan dengan buah tomat. Bisa hancur tomatnya”, ibuh Prof. Zudan. 

 

Lebih lanjut, Prof. Zudan menyampaikan, untuk menikmati secangkir teh yang harum dan enak, diperlukan air hangat untuk menyeduhnya. Aroma dauh deh tidak akan bisa dinikmati jika diseduh dengan air dingin.  

 

Begitupun dengan staf, diperlukan tindakan tertentu agar potensinya bisa keluar dan berguna bagi organisasi. Dukcapil***