Ditulis Pada 08 September 2017 12:41 WIB

Dirjen Dukcapil Apresiasi Keaktifan Pemkot Bandung Layani Warganya

Bandung – Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi Pemkot Bandung karena dinilainya sangat aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam menertibkan penduduk non permanen.

 

Hal ini disampaikan Prof. Zudan pada acara launcing aplikasi e-Punten di Harris Hotel and Convention Festival Citilink, Bandung, Kamis (07/09/2017). e-Punten adalah sebuah inovasi pelaporan berbasis aplikasi smartphone besutan Dinas Dukcapil Kota Bandung untuk memberi kemudahan bagi warga pendatang melaporkan data dirinya.

 

"Pemkot Bandung di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil ini sangat aktif dalam melayani masyarakat terjun ke lapangan sesuai dengan asas stelsel aktif pelayanan administrasi kependudukan", jelas Prof. Zudan.

 

Keaktifan Pemkot Bandung, menurut Dirjen Dukcapil, juga dibuktikan dengan menyediakan sarana 8 mobil dan 43 motor untuk jemput bola pelayanan dokumen kependudukan.

 

Untuk meningkatkan pemanfaatan data kependudukan, Ketua DPN Korpri ini menghimbau Kadis Dukcapil Kota Bandung untuk terus meningkatkan kerjasama pemanfaatan data kependudukan dengan OPD di lingkungan Pemkot Bandung serta dengan lembaga pemerintah/swasta non vertikal.

 

"Silakan terus menambah PKS (perjanjian kerjasama), misalnya dengan Dinas Pendidikan sehingga dapat menambah jaringan pelayanan Adminduk di Kota Bandung", tambah Prof. Zudan.

 

Kesempatan yang sama, Walikota Bandung Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan stelsel aktif sebagaimana yang diusung Ditjen Dukcapil melalui Dirjen Dukcapil. Kesiapan tersebut salah satunya Pemkot Bandung tahun depan akan menambah 30 unit mobil keliling untuk pelayanan jemput bola.

 

Terkait penduduk non permanen, Ridwan Kamil menghimbau warga pendatang untuk permisi dengan melaporkan datanya melalui aplikasi e-Punten.

 

"Tolong segera dengan sopan untuk ketok pintu lah kira-kira begitu, memberitahu Pemkot Bandung siapa anda, cukup dengan mendownload namanya e-Punten," ujarnya.

 

Pada kesempatan ini, Dinas Dukcapil Kota Bandung juga menandatangani PKS dengan beberapa OPD, salah satunya dengan Dinas Perhubungan. Penandatangan ini disaksikan langsung oleh Dirjen Dukcapil dan Walikota Bandung. Juga dilakukan penyerahan secara simbolis dokumen kependudukan kepada penduduk non permanen. 

 

Di akhir sesi, Dirjen Dukcapil menyempatkan diri melihat langsung kegiatan jemput bola layanan dokumen kependudukan di Citylink Mall yang berada tak jauh dari Harris Hotel. Prof. Zudan juga sempat berinteraksi dengan penduduk yang sedang mengurus dokumen kependudukan. 

 

Penduduk menyatakan kepuasannya terhadap pelayanan Dinas Dukcapil, karena sistem pelayanannya yang baik, cepat dan ramah. Dukcapil***