Ditulis Pada 02 Maret 2018 16:14 WIB

Dekati Masyarakat, Dinas Dukcapil se-Provinsi Maluku Layani KTP-el

Ambon – Sebagai implementasi amanat Undang-Undang Dasar 1945 untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil memastikan setiap warga negara terlindungi haknya sebagai warga negara melalui kepemilikan dokumen kependudukan. 

 

Untuk itu, Dinas Dukcapil kabupaten/kota se-Provinsi Maluku membuka layanan administrasi kependudukan selama tiga hari pada tanggal 1 sampai 3 Maret 2018 di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Maluku. 

 

“Pengurusan administrasi kependudukan massal ini dilakukan sebagaimana visi Pemerintah Pusat dalam melayani masyarakat”, ujar Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Maluku, Jeremias Weubun, di Ambon, Maluku, Jum’at (02/03/2018). 

 

Meski kadang mengalami kendala terkait jarak dan kondisi geografis, Jeremias mengaku pihaknya terus melakukan pelayanan terbaik dengan mendatangi warga melalui layanan keliling. 

 

“Bukan masalah yang bagaimana, tapi kadang penduduk ini dia dinamis. Meskipun petugas sudah melayani pergi sampai ke desa, mereka tidak ada di sana”, sambungnya. 

 

Pameran pelayanan massal seperti saat ini menurutnya sebagai langkah inovatif lain selain pelayanan keliling ke kecamatan dan desa/kelurahan yang selama ini dilakukan. 

 

Meski demikian, kondisi SDM dan perangkat masih menjadi kendala, sehingga pelayanan tidak maksimal. 

 

“Khusus untuk Maluku Tengah telah dibuat terobosan baru oleh Bupatinya dengan Disdukcapil Malteng. Mereka sudah bentuk unit pelayanan sampai tingkat kecamatan. Sekarang sudah dalam proses, sudah latih orang dan mungkin peralatannya sudah disiapkan, mungkin sebulan dua bulan sudah bisa dilayani di tiap kecamatan di Maluku Tengah,” terangnya.

 

Pelayana massal ini akan menjadi model pelayanan dokumen kependudukan bagi warga di seluruh Provinsi Maluku. Bahkan, Jeremias mengaku akan secara rutin melaksanakan pelayanan massal dua sampai tiga kali dalam setahun. 

 

“Ke depannya dua tiga kali dalam setahun akan kita lakukan lagi, tergantung dana”, sambung Jeremias.

 

Sementara itu, dari pantauan Tim Media Dukcapil, antusiasme warga mengurus KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya sangat tinggi. Terlihat warga berkerumunan dan mengular untuk mendapatkan pelayanan, memenuhi setiap jengkal Lapangan Merdeka Kota Ambon. 

 

Para pejabat pusat mulai dari Mendagri Tjahjo Kumolo, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, dan para Direktur Eselon II tampak hadir memantau langsung pelayanan sekaligus memberi support. Begitu pula halnya dengan para pejabat daerah. 

 

Ada sekitar 50 orang petugas yang siap melayani warga. Sebagian dari Ditjen Dukcapil Kemendagri, sebagian lagi dari Dinas Dukcapil Provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Maluku. Dukcapil***