Ditulis Pada 20 April 2018 16:04 WIB

Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran di Rumah Sakit Surabaya

Jakarta – Pahe, Paket Hemat layanan administrasi kependudukan (Adminduk) hadir di fasilitas kesehatan (rumah sakit, bidan, Puskesmas) di Kota Surabaya. 

 

“Paket Hemat sekarang hadir di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, bidan, Puskesmas, yang bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Kota Surabaya”, kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Surabaya Moh. Suharto Wardoyo melalui keterangan tertulis, Jum’at (20/04/2018). 

 

Layanan ini memudahkan warga Kota Pahlawan mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) baru secara bersamaan langsung di rumah sakit. 

 

“Setelah ibu melahirkan pulih, anak bisa langsung dibawa pulang bersamaan dengan Akta Kelahiran dan KK yang sudah diperbarui” lanjut Suharto. 

 

Selain Akta Kelahiran dan KK, warga Surabaya yang meninggal di fasilitas kesehatan juga bisa langsung membawa pulang anggota keluarga yang meninggal bersamaan dengan Akta Kematian dan KK barunya. 

 

Untuk mendapatkan semua kemudahan ini, warga cukup mendatangi petugas fasilitas kesehatan yang dituju dengan membawa dokumen persyaratan. 

 

Setelah berkas persyaratan dinyatakan lengkap, petugas akan menginput permohonan warga melalui layanan e-Lampid. 

 

Layanan e-Lampid dapat diakses secara online melalui url http://lampid.surabaya.go.id. 

 

“Semua dokumen kependudukan terkait kelahiran dan kematian anggota keluarga, bisa langsung dibawa pulang saat Anda keluar rumah sakit atau Puskesmas. Ayo warga Surabaya, manfaatkan layanan ini untuk tertib administrasi kependudukan”, tutup Suharto. Dukcapil***